Indahnya Seni Hidup Berkecukupan, Quraish Shihab: Itu Bagaikan Meraih Surga…

blitartimes.com

Hidup yang berkecukupan memang selalu diharapkan oleh setiap umat beragama. Pasalnya, hidup boros bukan sebuah panutan yang baik untuk diikuti. Apalagi sebagai umat muslim kita harus dapat mengatur pengeluaran dan pemasukan agar tetap hidup layak namun tetap cukup, tanpa melakukan pemborosan yang berlebihan.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan hidup berkecukupan? Terpenuhinya kebutuhan pokok manusia yang diraih berkat usaha manusia dan anugerah Allah SWT.

Semua orang pasti suka diberi sehat, panjang umur, hidup indah dan hidup berkecukupan. Hanya saja, perjalanan hidup tak selalu ideal. Ibarat pepatah, hidup seperti roda pedati. Kadang di atas, kadang di bawah.

Hasil gambar untuk hidup berkecukupan
winnetnews.com

Ada orang mudah mencari harta, dia kaya-raya, tetapi tidak berkah. Hatinya selalu gundah, penyakit datang tiap saat. Sementara itu, ada orang yang setiap hari hanya mampu makan dan minum saja. Tidur bahkan hanya di atas becak. Namun Allah subhanahu Wata’ala selalu memberinya kesehatan, jauh dari sakit dan jauh dari kegelisahan batin.

Karena itu dalam Islam, kaum Muslim dianjurkan mencari keberkahan (barakah). Berkah (barokah). Dalam kamu Al Munawwri, barakah (البركة) artinya adalah “karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia.” Sedang menurut Imam al Ghazali, berkah artinya ziyadatul khair, “bertambah-tambahnya kebaikan”.

Hasil gambar untuk quraish shihab
tribunnews.com

Ada satu firman Nabi SAW yang menurut cendikiawan muslim Quraish Shihab mengisyaratkan bahwa manusia ingin hidup berkecukupan baik sandang, pangan, dan papan. Firman itu ketika Nabi SAW hidup di surga bersama istrinya, lalu Allah berpesan kepadanya:

“Hati-hati jangan sampai setan menggodamu. Sehingga engkau terpaksa turun ke bumi dan akan bersusah payah. Karena di surga engkau tidak telanjang, terkena angin atau matahari yang menjerat tubuhmu. Engkau di surga tidak kehausan dan lapar.”

Menurut Quraish Shihab, firman Allah tersebut ingin menggaris bawahi, siapapun yang merasa aman di tengah masyarakat, keluarganya dan sehat tubuhnya, maka dia bagaikan telah meraih surga dengan segala isinya.

Lantunkan Doa Ini untuk Memohon Kekuatan Iman kepada Allah SWT

Keimanan memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan setiap manusia. Tanpa iman, manusia akan hidup tanpa arah. Agar manusia tidak tersesat pada perbuatan buruk, keimananlah yang akan berperan penting mengontrol manusia tersebut.

Hasil gambar untuk pray
ibelieve.com

Meski begitu keimanan seseorang akan selalu diuji setiap waktu. Ada masanya keimanan seseorang meningkat namun ada pula saat keimanan tersebut menurun.

Oleh karena itu ada baiknya bagi kalian umat muslim untuk memohon agar diri kita senantiasa selalu diberikan kekuatan iman oleh Allah SWT.

Berikut doa yang bisa kalian lantunkan agar diberi kekuatan iman oleh Allah SWT:

Doa Mohon Kekuatan Iman

doa kekuatan iman

Artinya:

“Ya Tuhan kami, kami benar-benar beriman, maka ampunilah dosa-dosa kami dan selamatkanlah kami dari siksa neraka.” QS. Ali-Imran 16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *