Canggih! Ini Dia 5 Robot Cerdas Mirip Manusia, Mau Invasi Dunia?

Robot Geminoid DK (Youtube.com/16x9onglobal)

Di zaman modern ini sebenarnya sudah tidak asing lagi dengan berbagai inovasi robot. Tapi, kalau kamu sudah tidak bisa membedakan robot dan manusia, apa jadinya?

Robot mirip manusia atau robot humanoid sudah beberapa kali diciptakan. Ada yang benar-benar berparas cantik, bisa mengedip, melontarkan lelucon, mengobrol, bahkan melakukan pekerjaan layaknya manusia.

Nah, berikut ini adalah 5 robot canggih mirip manusia di dunia! Psst, jangan-jangan mereka mau menginvasi dunia?

Geminoid DK

Sekilas, robot berparas pria ini tidak ada bedanya dengan manusia. Penampilan fisik Geminoid DK ini merupakan tiruan dari wajah seorang profesor Denmark, Professor Henrik Scharfe.

Geminoid DK adalah hasil kolaborasi dari salah satu perusahaan Jepang dan Profesor Hiroshi Ishiguro, seorang direktur Laboratorium Robotika Cerdas. Prof. Hiroshi Ishiguro ini namanya sudah anyar sebagai si jenius pencipta robot dengan penampilan mirip manusia.

Tak hanya wajahnya saja yang mirip Prof. Henrik Scharfe, tingkah laku Geminoid DK pun juga bisa mirip dengannya. Bahkan ia bisa menirukan kebiasaan Prof. Henrik Scharfe dengan sempurna. Gokil!

Asuna

Robot Asuna ‘lahir’ pada 2014 lag-lagi dari tangan si jenius robotik Jepang, Profesor Hiroshi Ishigro. Asuna sempat hadir di pameran Tokyo Designers Week.

Robot mirip manusia ini memiliki tekstur kulit seperti manusia. Bahkan, ia bisa menirukan ekspresi wajah seperti manusia, lho! Mengedipkan mata, menggerakan mulut, semua itu Asuna lakukan dengan tampak natural.

Meskipun begitu, pada saat itu Asuna belum memiliki AI atau Kecerdasan Buatan. Prof. Hiroshi Ishiguro mengatakan, Asuna akan dibekali AI sekitar 5-10 tahun nanti.

Erica

Bangga dengan Asuna, Prof. Ishiguro kembali dengan inovasi robot mirip manusia lainnya. Ia diciptakan dari kolaborasi antara Badan Sains dan Teknologi Jepang dan Universitas Kyoto. Robot bernama

Erica parasnya amat cantik dan lebih ‘cerdas’ dari sebelumnya. Tak hanya berparas menawan, Erica juga mampu berkomunikasi dengan bahasa tubuh. Keren abis!

Layaknya robot, Erica memang masih terlihat kaku. Tapi, ia bisa melakukan gerakan-gerakan manusia seperti berkedip, memiringkan kepala, bereksresi, dan menggerakkan bibir.

Sophia

Robot perempuan ini dirancang oleh David Hanson, seorang pendiri perusahaan produsen robot bernama Hanson Robotic yang berbasis di Hong Kong. Meskipun penampilan ‘kepala’ nya tak sesempurna robot-robot perempuan di atas, tapi Sophia ini sangat populer lho!

Sophia memiliki tingkat keceradasan yang tinggi. Ia bahkan mendapatkan kewarganegaraan dari Arab Saudi, meskipun berujung kontroversial.

Saking populernya, Sophia bahkan pernah tampil di acara talkshow Jimmy Fallon, lho! Sophia bahkan melontarkan beberapa lelucon dan ikut bermain bersama Jimmy Fallon.

Hanson berusaha membuat robot humanoid ini karena ia ingin manusia dan robot bisa hidup berdampingan. Namun, dalam suatu acara Sophia pernah mengatakan ia ingin menginvasi dunia. Waduh!

Jia Jia

Tiongkok juga punya robot cantik yang dipamerkan, yaitu Jia Jia. Robot ini bahkan disebut “Robot Goddess” atau dewi robot karena mempesona dan pandai.

Jia Jia diciptakan oleh tim insinyur robotika dari Universitas Sains dan Teknologi China pada 2016. Robot cantik ini diklaim mampu mengambil alih pekerjaan manusia seperti bekerja di restoran dan bersih-bersih rumah.

Keunggulannya dari robot lain adalah Jia Jia bisa mengenali wajah orang lain dan belajar seperti manusia. Bahkan banyak orang yang mengira ia adalah manusia karena ia seolah-olah tampak seperti bernapas. Canggih banget!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *