Astaghfirullah! Ternyata Inilah Alasan Gus Nur Buat Video ‘Generasi Muda NU Penjilat’

(Tribunnews.com)

Sugi Nur Raharja alias Gur Nur mengungkapkan alasannya membuat video ‘Generasi Muda NU Penjilat’. Gus Nur geram namanya disebut masuk 20 ustaz berfaham wahabi dan radikal yang ditulis oleh akun facebook bernama Generasi NU.

“Intinya saya baca status di facebook, dari akun Generasi NU, judulnya 20 daftar ustaz berpaham wahabi dan radikal. Itu awalnya. Nomor satu ustaz Adi Hidayat, Teuku Zulkarnain, Ustaz Abdul Somad, dan seterusnya. Ada nama saya di situ. Jadi saya dituduh radikal dan wahabi. Maka spontan, arek Jawa Timur rek yo, spontan bikinlah saya video seperti yang didakwakan tadi, isinya kurang lebih begitu,” kata Gus Nur usai persidangan di Pengadilan Negeri Surabaya, Jalan Arjuna, Kamis (23/5/2019).

 

(Tribunnews.com)

“Jadi saya nggak kenal siapa kamu. Kamu itu laki-laki atau perempuan. Siapa kamu itu ayo, txxx koen iku. Ya seperti itulah Jawa Timuran gitu,” lanjut Gus Nur.

Gus Nur menjelaskan video tersebut sudah lama di-upload ke YouTube. Namun beberapa bulan kemudian ada yang melaporkan video tersebut.

 

(Tribunnews.com)

“Tiba-tiba ada yang melaporkan, hanya itu masalahnya. Saya dituduh wahabi, saya dituduh radikal. Jadi kasus ini saya membantah, mengkomplain, meng-counter sebuah akun bukan NU. Akun generasi muda NU yang sering berseberangan dengan saya, mengujat saya memfitnah saya, sering dan tidak pernah saya balas. Baru yang 20 ustaz radikal yang saya balas,” ungkap Gus Nur.

Sering dikatakan ustaz wahabi dan radikal, Saat ditanya apakah dirinya tidak membalas dengan melaporkan akun tersebut, Sugi pun menjawab singkat tidak melapor.

“Nggak ada waktu saya, jadwal safari Ramadhan saya padat, jadi nggak sempat ngelaporin balik,” tandasnya.

 

 

Sebelumnya, Sugi Nur Raharja alias Gus Nur akan menjalani sidang perdana. Gus Nur mengaku tidak memiliki beban menjalani sidang perdana. dengan agenda dakwaan ini.

 

(CNN Indonesia)

“Hampir sama sekali tidak ada persiapan apa-apa. Secara hukum sudah ada faknya, sudah ada yang nangani,” kata Gus Nur kepada media sebelum sidang di Pengadilan Negeri Surabaya, Kamis (23/5/2019).

Gus Nur juga mengakui secara sidang yang dihadapi saat ini tidak membuat beban di pikirannya. Ia mengaku akan menjalani saja.

 

(Tribunnews.com)

“Secara pikiran sakjane opo. Jadi ini tidak ada persiapan dijalani saja,” ungkap Gus Nur.

Seperti diketahui Gus Nur dilaporkan koordinator Forum Pembela Kader Muda NU, sekaligus Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim. Laporan tersebut dilayangkan atas vlog Gus Nur di YouYube berjudul Generasi Muda NU Penjilat. Vlog yang berdurasi 28 menit, 25 detik tersebut dinilai menghina NU.

Dalam kasus ini, Gus Nur disangkakan pencemaran nama baik, pasal 27 ayat 3 UU ITE, dengan acaman hukuman empat tahun penjara.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *