Valentine dalam Islam Dilarang? Ini Komentar Non Muslim Atas Klaim Tersebut

Hari Valentine Haram? (www.canva.com)

Hari Valentine Haram? (www.canva.com)

Hari Kasih Sayang itu nggak melulu soal bagaimana meluapkan perasaan sayang pada pasangan lho, tapi juga pada teman dan orang di sekitar kita. Yang terpenting adalah gimana kita bersikap toleran. Ya kan?

Belakangan ini, kita pasti sering mendengar amanat bagi Muslim untuk menjauhi perayaan Valentine. Bukan cuma himbauan, tapi di Indonesia, perayaan ini memang hampir dilarang! Pertanyaannya adalah, apakah semua penduduk Indonesia itu Muslim? Sudah sesuaikah larangan ini?

Beberapa teman kita yang non-Muslim ada yang mau berbagi pandangan mereka soal klaim ini, lho! Yuk kita cek sama-sama apa saja pendapat mereka.

Laurentius, 23

Laurentius Soal Valentine Haram (dokumentasi pribadi)
Laurentius Soal Valentine Haram (dokumentasi pribadi)

“Kalau menurut saya sih ya saya ngehargain aja pendapat mereka, kan setiap orang punya hak berpendapat. Ya kita saling menghargai aja.”

Daniel, 26

Daniel Soal Valentine Haram (dokumentasi pribadi)
Daniel Soal Valentine Haram (dokumentasi pribadi)

“Jadi kalau menurut saya sih semua kan ada pilihannya masing-masing ya. Kalo misalkan mau percaya Valentine dengan merayakannya ya monggo. Tapi kalau saya non-Muslim, ya saya merayakan mah merayakan aja sih.”

Harvey, 22

Harvey Soal Valentine Haram (dokumentasi pribadi)
Harvey Soal Valentine Haram (dokumentasi pribadi)

“Sebenernya sih kalo menurut gua sih ya ngga ada masalah sih cuma agak bingung aja kalau ada yang melarang itu dan menghubungkan itu sebagai acara keagamaan. Jadi ya kalau buat kita sih sebenernya terserah mau ngerayain atau ngga. Memang sejarahnya ada hubungannya dengan keagamaan tapi lambat laun itu sepertinya menurut saya sih nggak perlu dihubungkan dengan agama karena kita menganggapnya hanya Hari Kasih Sayang.”

Yohannes, 27

Yohannes Soal Valentine Haram (dokumentasi pribadi)
Yohannes Soal Valentine Haram (dokumentasi pribadi)

“Kalau menurut saya sih soal Valentine itu dari budaya Barat ya. Kalau dari kita sendiri, kalau kita sudah punya keyakinan pasti kita bisa memilah mana yang baik buat kita.”

Cendy, 23

Cendy Soal Valentine Haram (dokumentasi pribadi)
Cendy Soal Valentine Haram (dokumentasi pribadi)

“Kalau untuk masalah Valentine sendiri, diharamkan itu saya nggak begitu setuju. Terlepas latar belakangnya apa, atau yang kebanyakan terjadi di hari itu. Biasanya sih yang udah-udah, yang kita tahu anak muda malah kebablasan dalam merayakannya. Sebenernya simpel aja, kita nganggepnya kayak Hari Kasih Sayang ajasih. Nggak usah yang terlalu, ‘Oh latar belakangnya ini nih’. Menurut saya sih nggak perlu dibahas masalah agamanya juga. Memang banyak yang salah juga dalam menyikapi harinya sih tapi lebih baik positif aja, ini Hari Kasih Sayang. Positif jangan ngelakuin hal-hal yang dilarang. Lebih banyak pemuka agama yang harus mengedukasi juga soal gimana cara menyikapi hari Valentine. Jangan dianggap atau membuat mindset orang, Hari Valentine itu buruk.”

Conney, 21

Conney Soal Valentine Dalam Islam (dokumentasi pribadi)
Conney Soal Valentine Dalam Islam (dokumentasi pribadi)

“Pandangan gue sebagai orang non-Muslim, Hari Valentine itu hari di mana lo bisa nunjukkin apresiasi lo terhadap orang yang lo sayang. Itu contohnya bisa banyak hal sih, misalnya lo ngasih ucapan yang bener-bener pengen lo ungkapin selama ini ke dia cuma nunggu momentum yang pas, sama misalnya ngasih kado atau hadiah yang dia suka.”

Selain itu, ada 2 cowok Muslim yang dengan sukarela menawarkan untuk membagi pandangan mereka juga lho! Hmm seperti apa ya?

Faris, 24

Faris Soal Valentine Haram (dokumentasi pribadi)
Faris Soal Valentine Haram (dokumentasi pribadi)

“Kalo menurut saya sih itu kembali ke pribadi masing-masing. Tapi menurut saya sebagai Muslim, selama itu nggak mempengaruhi iman saya dan saya tetep bisa beribadah kaya biasa ya its OK, nggak masalah. Toh itu juga cuma budaya yang udah menjadi hal musiman tiap tanggal 14 Februari. Jadi menurut saya itu nggak apa-apa sih.”

Faishal, 23

Faishal Soal Valentine Haram (dokumentasi pribadi)
Faishal Soal Valentine Haram (dokumentasi pribadi)

“Kalo pandangan gua pribadi tentang Valentine sih budaya aja sih dari negara Barat. Setau gua dari Roma ya? Ya budaya aja, Hari Kasih Sayang. Ya bebas aja kalo orang mau selebrasi itu, mau nggak. Selama nggak berlebihan ya bebas aja.”

Jadi intinya sih, silakan tinggalkan bagi yang menganggap Hari Kasih Sayang itu haram. Tapi yuk hormati juga yang merasa perlu merayakannya. Toh merayakan juga bisa sebagai pengingat kasih sayang pada pasangan atau teman, demi menghindari permusuhan. Dan harus diingat pula, ada juga lho yang bisa mendapatkan keuntungan ekonomi dari peringatan Hari Valentine. Penjual cokelat dan bunga itu juga mengharap rezeki di hari ini. Jadi, gimana menurutmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *