11 Menit, Rata-rata Waktu yang Dibutuhkan Satu Orang Buat Nyoblos

11 menit perkiraan untuk mencoblos (Foto: instagram.com/kpu_ri)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memperkirakan, waktu yang dibutuhkan satu orang pemilih untuk menyoblos membutuhkan sekitar 11 menit. Dari awal sampai pencelupan tinta ke jari.

11 menit untuk setiap pemilih (Foto: unsplash.com/james coleman)

Melansir msn.com Tjahjo mengatakan kalau waktu pemungutan dinilai sebagai situasi paling krusial pada pemilu 2019. “Bukan tentang hal lainnya, saat pemungutan suara itulah situasi paling krusial pada Pemilu serentak tahun 2019.”

Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: instagram.com/tjahjo_kumolo)

Penghitungan waktu tersebut dihitung saat satu orang pemilih masuk TPS. Sekali mencoblos mereka memegang lima surat suara yaitu surat suara Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPRD 1, dan DPRD 2. Terlebih kalau mereka tidak tahu siapa yang harus dicoblos pada empat surat suara selain Pilpres.

surat suara pencoblosan (Foto: .instagram.com/desaincetakhemat)

Mereka yang mencoblos sudah berusia 50 hingga 70 tahun diperkirakan akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Maka dari itu, Tjahjo meminta KPU untuk gencar mensosialisasikan pemilu 2019 terkait lamanya waktu yang dibutuhkan buat satu orang pemilih di TPS.

Suksesnya pelaksaan pemilu serentak 2019, bisa menjadi patokan untuk adanya pemambahan dua surat suara lagi yaitu pemilihan Gubernur dan Bupati Walikota di periode selanjutnya.

Target KPU (Foto: instagram.com/kpu_ri)

Komisi Pemilihan Umum atau KPU menargetkan partisipan masyarakat di pemilu 2019 mencapai 77,5 persen. Demi tercapainya target tersebut, KPU di setiap daerah di Indonesia membentuk tim relawan demokrasi. Salah satunya KPU Solo.

Relawan Demokrasi KPU (Foto: instagram.com/windifebrianaputri)

Relawan demokrasi tersebut bertugas selama 3 bulan membantu KPU mulai dari Februari sampai April. Tugas utama para relawan demokrasi adalah mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilih mereka di TPS pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Nantinya ada sepuluh segmen pemilih yang akan disasar relawan demokrasi. Diantaranya keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marginal, serta komunitas keagaaman.

Pemilih pemula (Foto: instagram,com/evaaapriliaa)

Dari kesepuluh segmen pemilih, KPU Solo memberikan perhatian khusus pada pemilih pemula di pemilu 2019 nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *