Trio Mallarangeng, Sosok ‘Pembisik’ di Era SBY Hingga Megawati, Sebenarnya Siapa Mereka?

Tiga bersaudara kandung dari keluarga Mallaranggeng ini terkenal karena pernah menjadi sosok penting di masa kepemimpinan SBY hingga Megawati. Mereka adalah Andi Alfian Mallarangeng, Rizal Mallarangeng dan Choel Mallarangeng. Namun sebenarnya siapa mereka?

Masyarakat indonesia mungkin sudah tidak asing dengan ketiga bersaudara dari keluarga Mallaranggeng ini. Mereka adalah Andi Alfian Mallarangeng, Rizal Mallarangeng dan Choel Mallarangeng.

Image result for trio mallarangeng
(kompasiana.com)

Ketiga bersaudara yang sama-sama terjun di dunia politik ini pernah menjadi tokoh penting dikala kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono Hingga Megawati Soekarnoputri saat menjadi presiden.

Bahkan Trio Mallarangeng ini disebut-sebut menjadi pembisik para pemimpin bangsa itu di masanya.

Meski sebenarnya ketiganya mempunyai perbedaan pandangan politik yang berbeda-beda. Ketiganya merupakan tokoh di Indonesia. Dengan rekam jejak politik masing-masing. Meski dua dari tiga bersaudara ini ternyata pernah menghadapi kasus hukum yang serius.

Kolase Andi Mallarangeng dan Andre Rosiade
(tribunnews.com)

Dikutip dari Wikipedia (lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 14 Maret 1963 adalah seorang pengamat politik Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olah Raga pada Kabinet Indonesia Bersatu II.

Andi Alfian Mallarangeng meraih gelar Doctor of Philisophy di bidang ilmu politik dari Northern Illinois University (NIU) Dekalb, Illinois, Amerika Serikat pada tahun 1997.

Image result for trio mallarangeng
(tempo.co.id)

Di universitas yang sama, ia meraih gelar Master of Science di bidang sosiologi. Sedangkan gelar Drs Sosiologi diraihnya dari Fisipol Universitas Gajah Mada, Yogyakarta pada tahun 1986.

Andi Mallarangeng menjadi orang kepercayaan saat Susilo Bambang Yudhoyono, dia dipercaya sebagai juru bicara kepresiden.

Pada 7 Desember 2012, ia resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri setelah dirinya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus proyek pusat olahraga Hambalang Bogor, Jawa Barat oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Akhirnya dia bebas murni dan kembali bergabung ke Demokrat.

Rizal Mallarangeng, lahir 29 Oktober 1964 mengawali kiprah sebagai staf khusus Aburizal Bakrie yang menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada tahun 2004 dan kemudian Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat pada tahun 2005.

Related image
(tribunnews.com)

Ia juga pernah menjadi salah satu pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar pada masa kepemimpinan Bakrie dan Airlangga Hartarto.

Berkuliah di Universitas Gadjah Mada dan mengambil jurusan ilmu politik. Ia lalu mendapatkan beasiswa Fullbright untuk menempuh pendidikan S2 dan S3 dalam bidang ilmu politik di Ohio State University.

Image result for trio mallarangeng
(okezone.com)

Setelah menyelesaikan studi S3nya, ia kembali ke tanah air dan mengawali kariernya sebagai peneliti politik, penulis naskah Presiden Megawati Soekarnoputri, dan pembawa acara gelar wicara di Metro TV.

Ia sempat menarik perhatian publik saat ia menyatakan siap maju sebagai calon presiden dalam pemilihan umum Presiden Indonesia 2009, tetapi pada akhirnya ia harus mengubur angan-angannya karena elektabilitasnya masih terlampau rendah bila dibandingkan dengan calon-calon lainnya.

Setelah itu, ia bergabung dengan Partai Golkar dan diangkat sebagai Ketua Bidang Pemikiran dan Kajian Kebijakan pada masa kepemimpinan Aburizal Bakrie.

Choel Mallarangeng lahir tahun 1966 merupakan bungsu dari tiga bersaudara Mallarangeng.

Choel tersandung kasus yang sama dengan kakaknya Andi Mallarangeng, hingga akhirnya ditetapkan KPK sebagai tersangka pada 16 Desember 2015.

Image result for choel mallarangeng
(tirto.id)

Dirinya diduga melakukan perbuatan melawan hukum dan menyalahgunakan wewenang untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain atau korporasi terkait pembangunan atau pengadaan atau peningkatan sarana prasarana pusat pendidikan dan sekolah olahraga di Hambalang tahun anggaran 2010-2012.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *