Innalillahi, Mantan KSAD George Toisutta Meninggal Dunia, Begini Sosoknya di Mata Keluarga

nasional.republika.co.id

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) yakni Jenderal TNI (Purn) George Toisutta meninggal dunia pagi ini di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. George sebelumnya dirawat di RSPAD karena penyakit kanker usus. Keluarga menceritakan sosok almarhumah semasa hidupnya, begini ceritanya.

Kabar duka itu disampaikan oleh mantan panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo lewat Twitternya. George meninggal dunia di usia 66 tahun.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiuun. Duka yang sangat mendalam mnyertai kepergian almarhum Jenderal TNI (Purn) George Toisutta mnghadap Sang Khalik,” tulis akun Nurmantyo_Gatot, Rabu (12/6/2019).

Prabowo
liputan6.com

Jenderal TNI (Purn) George Toisutta meninggal dunia setelah mendapat perawatan medis di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (12/6/2019) pagi.

Rencana Jenazah mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat akan dikebumikan tepatnya di pemakaman mendiang orangtuanya TPU Dadi, Makassar. “Jenazah diperkirakan tiba jam 3 sore, selanjutnya akan dibawa ke rumah duka di Jl Rutan nomor 80, Makassar.

Karangan bunga untuk almarhum Jenderal Purn George Toisutta mulai padati rumah duka di Jl Rutan Gunung Sari Makassar, Rabu (12/6/2019).
makassar.tribunnews.com

Dari sini selanjutnya di lepas oleh Keluarga kemudian dibawa ke Masjid Nurul Ulmih untuk disembahyangi,” kata Kakak Ipar Almarhum, H M Asri Syamsuddin.

Menurut Asri George di makamkan di dekat mendiang orangtuanya TPU Dadi atas permintaan almarhum sebelum menghembuskan nafas terakhir. “Ia akan di kubur di pemakaman Dadi di atasnya orang tuanya,” tuturnya.

Persiapan dan penggalian liang lahat Jenderal TNI (Purn) George Toisutta di pusara makam ibunya, ST Hasna, komplek Pekuburan Dadi, Kelurahan Maricaya, Makassar, Rabu (21/6/2019) siang.
makassar.tribunnews.com

Di mata kakak Iparnya, almarhum George dikenal sebagai sosok baik dan bersahaja, murah senyum dan ramah. “Di mata keluarga besar kita alhamdulillah cukup banyak membantu, banyak sekali, ramah baik banyak senyum,” sebutnya.

Selama masa hidupnya, George rajin mengunjungi keluaganya. Terakhir dia sempat pulang ke kampung bapakya di Ambon.

Dua Jendral TNI nampak sudah hadir dan berbaur dengan pelayat di rumah duka Alm Jenderal (Purn) George Toisutta, Jl Rutan No 80 Makassar, Rabu (12/6/2019) siang.Kedua jendral yang hadir yakni Kepala BIN Daerah (Kabinda) Sulawesi Selatan, Brigjend TNI Wing Handoko.

Serta Kepala Staf Divisi 3 Kostrad, Brigjen TNI Dwi Darmadi.
makassar.tribunnews.com

Setelah itu, George juga pernah maju dalam kursi perebutan calon Ketua Umum PSSI. Saat itu dia bersaing dengan Nurdin Halid dan Nirwan Bakrie, namun posisi Ketum dimenangkan Nurdin.

Pada Selasa (11/6), George sempat dijenguk oleh rekannya Prabowo Subianto. Kepada seluruh satuan di TNI AD, Aspers Kasad Mayjen TNI Heri Wiranto meminta untuk segera mengibarkan bendera setengah tiang sebagai bentuk duka cita.

Hasil gambar untuk George Toisutta meninggal
tagar.id

Selanjutnya, untuk rencana pemakaman, Heri mengatakan akan dikoordinasikan dengan Gartap dan unsur terkait. Jenderal TNI George Toisutta adalah seorang purnawirawan TNI Angkatan Darat serta mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat sejak tanggal 29 November 2009 hingga 30 Juni 2011.

Sebelumnya ia menjabat sebagai Panglima Komando Strategi Angkat Darat (Pangkostrad) yang menjabat sejak 2007 hingga tahun 2009.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *