Wow! Inilah 6 Klub Indonesia yang Punya Logo Mirip Kaya Tim Luar Negeri

Klub sepakbola tentu sudah pasti identik dengan logo. Hal tersebut karena melambangkan identitas sebuah klub. Bukan hanya diluar negeri di Indonesia pun klubnya memiliki logonya masing-masing. Bahkan beberapa ada yang hampir mirip seperti logo klub luar negeri. Siapa saja? berikut ini selengkapnya.

Logo merupakan suatu bentuk atau objek yang menjadi identitas suatu perusahaan, daerah, organisasi, hingga produk. Oleh karena itu, bentuk logo biasanya dibuat sesuai dengan karakter dan ciri khas organisasi tersebut.

Dalam sepak bola, logo juga digunakan oleh klub-klub di berbagai negara untuk membedakan satu klub dengan klub yang lain. Logo klub sepak bola biasanya merepresentasikan klub yang diperlihatkan melalui warna dan unsur objek di logo.

Namun, apa jadinya kalau logo suatu klub sepak bola terlihat mirip dengan logo lain? Hal tersebut ternyata terjadi di sejumlah klub sepak bola di Indonesia.

Jika dibandingkan, beberapa logo klub sepak bola Indonesia ternyata terlihat mirip dengan logo-logo klub sepak bola luar negeri, mulai dari klub Eropa hingga Amerika. Tak heran apabila kemiripan logo tersebut sering memancing perdebatan di kalangan penggemar sepak bola Indonesia.

Seperti apa? Brilio.net menghimpun 6 logo klub sepak bola Indonesia yang mirip dengan klub luar negeri dari berbagai sumber, Rabu (12/6) berikut ini.

1. Sulut United dan Manchester City.

Kamu mungkin baru tahu mengenai klub satu ini. Klub Liga 2 yang bermarkas di Manado ini sebelumnya merupakan klub Bogor FC. Tak hanya berganti nama dan pindah markas, Sulut United juga mengenalkan logo baru.

Uniknya, logo yang digunakan Sulut United mirip dengan logo klub Liga Inggris, Manchester City yang berbentuk bulat dengan nuansa biru. Tak ayal, tak sedikit penggemar sepak bola yang menyebut logo Sulut United diadaptasi dari logo Manchester City.

2. Aceh United dan Manchester United.

Klub Liga 2 lainnya, Aceh United juga memiliki logo yang mirip dengan klub asal Inggris, yakni Manchester United. Pada saat pertama kali diperkenalkan tahun 2010 lalu, klub tersebut memiliki logo yang bentuk dan warnanya mirip dengan Manchester United. Dianggap menjiplak, Aceh United kemudian mengganti logo mereka pada tahun 2018 lalu.

3. Badak Lampung dan Rochester Rhinos.

Badak Lampung merupakan klub yang dulunya bernama Perseru Serui. Perubahan nama dan markas tersebut dilakukan jelang bergulirnya Liga 1 musim 2019.

Saat pertama kali diperkenalkan ke publik, logo Badak Lampung menarik perhatian banyak orang karena terlihat sangat mirip dengan logo klub asal Amerika Serikat, Rochester Rhinos. Kedua logo sama-sama memperlihatkan bentuk kepala badak dengan perisai yang warnanya pun sama.

Setelah mendapat kritikan banyak pihak, manajemen klub merevisi logo Badak Lampung dengan mengganti warna hijau menjadi merah. Meski demikian, logo tersebut tetap terlihat mirip dengan Rochester Rhinos.

4. PSM Makassar dan Arsenal.

Klub asal Sulawesi Selatan, PSM Makassar mengganti logo lama mereka dengan logo baru yang lebih futuristik pada tahun 2017. Pada awalnya, peluncuran logo baru tersebut sempat memancing kontroversi. Sebab, bentuk logo dianggap mirip dengan logo klub asal Inggris, Arsenal yang berbentuk perisai dengan nuansa merah.

Meski demikian, lambat laun penggemar klub dapat menerima logo baru tersebut. Bahkan, tak sedikit yang menyebut logo baru tersebut lebih baik dari logo sebelumnya.

5. Surabaya United dan Barcelona.

Surabaya United adalah klub yang melakukan merger dengan klub PS Polri pada tahun 2016. Kini, klub tersebut dikenal sebagai Bhayangkara FC yang bermain di Liga 1.

Saat masih bernama Surabaya United, logo klub tersebut terlihat mirip dengan logo klub asal Spanyol, Barcelona dengan bentuk perisai yang sama. Bedanya, logo Surabaya United kental dengan warna hijau.

6. Persebo Bondowoso dan Barcelona.

Selain Surabaya United, logo klub Indonesia yang mirip dengan logo Barcelona adalah Persebo Bondowoso. Klub ini merupakan klub yang bermain di Liga 2 yang didirikan pada tahun 1990. Logo Persebo juga berbentuk perisai yang sama dengan model yang digunakan Barcelona.

Selain itu, gambar bola dan motif garis yang sama semakin memperlihatkan kemiripan dua logo tersebut. Kini, Persebo Bondowoso telah berganti menjadi klub Madura FC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *