Lee Chong Wei Putuskan Pensiun, Taufik Hidayat Bilang Keputusan Tersebut Sudah Tepat

Lee Chong Wei memutuskan pensiun setelah 19 tahun bersama-sama Federasi Bulutangkis Malaysia (BAM). Keputusan pensiun Lee Chong Wei mengagetkan banyak banyak pihak tak terkecuali Taufik Hidayat, yang pernah menjadi lawan berat Chong Wei dijejeran elite pebulu tangkis pada masanya.

Pebulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, memutuskan pensiun dari bulutangkis hari ini. Rival yang sekaligus sahabatnya, Taufik Hidayat, terkejut namun mengapresiasinya.

Image result for lee chong wei
straitstimes.com

Chong Wei mengumumkan gantung raket dalam jumpa pers yang tayang di Facebook Federasi Bulutangkis Malaysia (BAM) pada Kamis (13/6/2019). Bersama Menpora, Syed Saddiq Abdul Rahmad, dan Presiden BAM, Datuk Seri Norza Zakaria, pemain berusia 36 tahun itu mengatakan berat mengambil langkah itu.

Tapi, kesehatannya tak bisa diajak kompromi. Chong Wei tengah bertarung dengan kanker hidung.

Dia didiagnosis mengidap kanker pada Juli 2018. Setelah menjalani serangkaian penanganan di Taiwan, dia sempat kembali berlatih dan bersikukuh untuk tampil di Olimpiade 2020 Tokyo.

Lee Chong Wei dujuluki raja super series. (REUTERS/Marcelo del Pozo)
detik.com

Taufik, yang pernah bersama-sama Chong Wei, Lin Dan, dan Peter Gade, menguasai persaingan elite tunggal putra dengan sebutan big four, terkejut. Apalagi, dia sudah lama sekali tidak bertemu sahabatnya tersebut.

“Tidak ada omongan (untuk pensiun). Ketemu juga sudah lama banget mungkin terakhir tahun lalu,” kata Taufik kepada detikSport lewat sambungan telepon.

“Tapi, ya sebenarnya keputusan pensiun itu sudah tepat. Artinya, memang sudah harus memikirkan kesehatan dan keluarga juga,” dia menjelaskan.

Taufik Hidayat terkejut dengan keputusan Lee Chong Wei untuk pensiun. (MIKE CLARKE / AFP)
detik.com

Keputusan Chong Wei itu memang cukup mengejutkan. Sebab, pebulutangkis 36 tahun itu sempat mendeklarasikan hasratnya untuk tampil di Olimpiade 2020. Tapi, setelah comeback dari perawatan setelah divonis menderita kanker hidung, Chong Wei tak mengikuti latihan lagi enam pekan belakangan.

Image result for lee chong wei
cnnindonesia.com

“Memang sayang ya, tapi untuk sekarang ini memang yang paling penting adalah kesehatannya. Memikirkan keluarga dan dia sudah berusia juga,” ujar peraih medali emas Olimpiade 2004 Athena itu.

Dengan mundurnya Chong Wei dia juga masuk jajaran elite big four dan diberi predikat raja super series.

Pebulutangkis berusia 36 tahun itu menandai kariernya dengan deretan prestasi sip. Dia merupakan salah satu pemain dalam daftar big four bersama Taufik Hidayat, Peter Gade (Denmark), dan Lin Dan (China). Dengan pensiunnya Chong Wei, tinggal Lin Dan seorang yang masih tampil di turnamen internasional.

Chong Wei pernah dijuluki sebagai rajanya super series setelah rutin menjadi jawara di ajang terbuka paling elite BWF itu (47 gelar juara). Malaysia Terbuka menjadi turnamen paling ramah untuknya, dengan 12 kali juara dan tujuh di antaranya dicatatkan secara beruntun (2008-2014).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *