Tidak Terima JPU Tuntut Kliennya 6 Tahun Penjara, Pengacara Bahar Smith Bakal Ajukan Pleidoi

Atas tindakan penganiayaan terhadap dua remaja lelaki, yaitu Cahya Abdul Jabar dan Muhammad Khoerul Aumam Al Mudzaqi alias Zaki. Habib Bahar bin Smith dituntut olek Jaksa Penuntut Umum (JPU) hukuman 6 Tahun Penjara. Mendengar tuntutan terhadap kliennya kuasa hukum bahar menyatakan akan melakukan pleidoi.

“Menuntut majelis hakim menjatuhkan pidana 6 tahun kepada terdakwa habib Bahar bin Smith,” ucap jaksa dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Cibinong saat membacakan tuntutan dalam sidang yang digelar Pengadilan Negeri (PN) Bandung di Gedung Arsip dan Perpustakaan, Jalan Seram, Kota Bandung, Kamis (13/6/2019).

Selain tuntutan 6 tahun penjara, jaksa juga menuntut habib Bahar hukuman denda Rp 50 juta. Apabila tidak dibayar, diganti kurungan 3 bulan penjara.

Pengacara Habib Bahar Kecewa Berat soal Tuntutan 6 Tahun Bui
(detik.com)

Dalam berkas tuntutannya, jaksa meyakini Bahar terbukti bersalah sesuai pasal Pasal 333 ayat (2) KUHPidana dan atau Pasal 170 ayat (2) dan Pasal 80 ayat (2) jo Pasal 76 C Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Image result for habib bahar 6 tahun penjara
(tribunnews.com)

“Saya bertanggung jawab atas perbuatan-perbuatan saya, dunia akhirat,” kata Bahar, usai sidang tuntutan di Gedung Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis, 13 Juni 2019.

Menyatakan HB Assyaid Bahar terbukti sah dan meyakinkan bersalah bersama-sama dengan sengaja dan melawan hukum merampas mengakibatkan luka berat dan terang-terangan melakukan kekerasan terhadap orang dan kekerasan terhadap anak,” kata jaksa.

Atas uraian tuntutan itu, jaksa meminta majelis hakim memerintahkan agar Bahar tetap berada dalam penjara.

Image result for habib bahar 6 tahun penjara
(liputan6.com)

“Dengan perintah tetap ditahan,” ucap jaksa.

Penasihat hukum Bahar bin Smith, Ichwan Tuankotta, kecewa dengan tuntutan JPU. Ichwan menilai, JPU tidak mempertimbangkan hal yang meringankan terdakwa dan fakta persidangan.

Image result for habib bahar 6 tahun penjara
(tribunnews.com)

Menurut Ichwan, kliennya itu selama ini sudah bersikap kooperatif selama persidangan. Bahkan, habib Bahar telah mengakui perbuatannya. Dua hal ini pun jadi pertimbangan jaksa dalam tuntutannya.

“Kami menganggap bahwa jaksa penuntut umum tidak melihat pertimbangan-pertimbangan kebaikan-kebaikan yang sudah ada, yang selama ini fakta-fakta persidangan ada. Begitu tanggapan kami,” kata Ichwan.

Related image
(kumparan.com)

“Enam tahun itu sesuatu yang berat buat kami. Jadi kami menganggap bahwa tidak melihat pertimbangan kebaikan-kebaikan yang tadi diuraikan oleh jaksa,” kata Ichwan.

Tim penasihat hukum Bahar bin Smith bakal mengajukan nota pembelaan atau pleidoi, Kamis, 20 Juni 2019. Ichwan mengatakan pihaknya juga memiliki argumen untuk mematahkan pernyataan jaksa. Hal itu akan disampaikan melalui pleidoi yang akan dibacakan pada sidang pekan depan.

“Berkaitan dengan perdamaian memang sudah ada, lalu dokter menyampaikan bahwa itu luka sedang, tapi jaksa menyatakan luka berat,” ucap Ichwan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *