Mengalahkan Marc Marquez Bukan Hal yang Mustahil, Setidaknya Sekali dalam 10 Balapan

Marc Marquez seperti tak terbendung di seri MotoGP dibeberapa seri belakangan ini. Para nama besar seperti Rossi hingga Lorenzo tampak tak bisa membendung kecepatan Marquez dengan tunggangannya. Namun, dibalik itu semua, mengalahkan Marquez masih menjadi sebuah kemungkinan besar. Hal tersebut diungkapkan mantan pebalap yang mengharapkan adanya persaingan di MotoGP.

Rider Repsol Honda, Marc Marquez, masih dominan di MotoGP 2019. Baby Alien dinilai bisa dikalahkan, perbandingannya sekali dalam 10 balapan.

Dalam enam seri balapan yang sudah dijalani, Marquez sudah memenangi tiga di antaranya. Dia sekali gagal finis, dan dua kali menempati podium kedua.

Marquez pun memuncaki klasemen pebalap. Dia sudah membukukan 115 angka, berjarak 12 poin dari Andrea Dovizioso di peringkat kedua.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat memenangi MotoGP Prancis. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
detik.com

Juara delapan kali balap motor kelas premium, Giacomo Agostini, menyanjung tinggi Marquez.

“Tak ada yang tak terkalahkan. Hal terpenting adalah bisa memenangi sebanyak mungkin balapan di sepanjang musim –dia (Marquez) juga bisa dikalahkan, tapi 1 dalam 10 balapan,” kata Agostini di Daily Star.

Agostini mempunyai harapan agar ada pesaing yang bisa menghambat laju Marquez. Tak ada tim Valentino Rossi yang dia sebutkan.

Related image
overdrive.in

“Di MotoGP, ada Marquez ysang saat ini paling kuat. Dia merupakan pemimpin klasemen pebalap dan juara bertahan –dia jelas driver yang harus dikalahkan,” kata Agostini.

“Saya berharap Ducati akan mencoba mengatasi itu, bahkan Suzuki juga usdah sangat baik.”

Image result for marc marquez
MobiMoto.com

“(Tapi) di MotoGP, Marquez sangat teratur. Andai dia tak menjadi yang pertama, dia menjadi kedua. Memang benar semua hal bisa terjadi –tapi jelas bahwa Marquez unggulannya,” dia menambahkan.

MotoGP 2019 akan mementaskan balapan ketujuh di Catalunya pada akhir pekan ini. Dalam tiga edisi terakhir adu cepat di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo, Marquez selalu menempati posisi kedua.

MotoGP Catalunya akan menyuguhkan lagi duel Marc Marque dengan rider-rider Ducati? (REUTERS/Rafael Marrodan)
detik.com

Untuk menggambarkan betapa sengitnya MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, tiga rider yang finis terdepan tarpaut tak sampai 0,5 detik. Danillo Petrucci meraih kemenangan perdana sepanjang kariernya, Marc Marquez susah payah finis kedua, dan Andrea Dovizioso harus puas dengan podium ketiga.

Image result for marc marquez
independent.co.uk

Duel di Mugello ketika itu bukan cuma melibatkan tiga nama tersebut di atas. Alex Rins melanjutkan penampilan spesialnya di atas Suzuki GSX-RR. Rider asal Spanyol itu malah jadi pebalap dengan lonjakan posisi paling signifikan. Memulai race dari posisi 11, dia sempat memimpin balapan dan pada akhirnya finis di urutan empat.

Jika berkaca pada sejarah, upaya bangkit Marquez di Catalunya akan berat. Trek sepanjang 4,655 km itu bukan salah satu favoritnya. Dia bahkan baru sekali jadi juara di sana sejak turun di kelas MotoGP (2014).

Bisa jadi Mission Winnow Ducati yang akan kembali digdaya di akhir pekan ini. Dalam dua musim terakhir pabrikan asal Italia itu selalu menempatkan pebalapnya di posisi teratas, Jorge Lorenzo di 2018 dan Dovizioso pada 2017.

Dua rider tersukses di MotoGP Catalunya adalah Valentino Rossi (6 kali juara) dan Lorenzo (5 kali juara). Namun peluang keduanya menjejak podium tertinggi tak bisa dibilang besar. Lorenzo masih sangat kesulitan di atas motor Honda, sementara The Doctor juga masih belum dapat setelan motor terbaik dari Yamaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *