Kocak! Dibuntuti Marquez di Kualifikasi MotoGP, Rossi Jadikan Bahan Gurauan

Pada kualifikasi MotoGP Catalunya, Valentino Rossi mengaku tidak masalah dibuntuti dan diikuti oleh Marc Marquez selama pertandingan. Bahkan Rossi sempat bergurau tentang momen tersebut. Seperti apa gurauan Rossi tersebut?

Yamaha berhasil menunjukkan performa bagus dengan menempatkan empat pebalap di posisi start enam besar. Pada babak kualifikasi, Marquez bahkan terlihat mempelajari jalur laju di lintasan yang dipilih Rossi di MotoGP Catalunya.

Hasil gambar untuk rossi
indosport.com

Strategi Marquez berhasil karena ia sukses start di posisi kedua sedangkan Rossi start di posisi keempat, itu pun terjadi setelah Maverick Vinales dihukum turun ke posisi enam di start.

“Marquez bukan hanya cepat, namun ia juga pintar. Dia tahu siapa yang harus diikuti, dia mempelajari rival dan menghitung seluruh gerakan.”

Hasil gambar untuk rossi dan marquez fp3 catalunya 2019
tribunnews.com

“Ketika dirimu melihat Marquez di belakangmu, dia tidak akan memberikanmu pilihan. Kamu bisa terus melanjutkan dengan membiarkan dirinya di belakangmu atau kamu malah kemudian kehilangan catatan lap. Saya memutuskan untuk terus melaju dan itu adalah pilihan tepat,” kata Rossi seperti dikutip dari GPOne.

Hasil gambar untuk marquez fp3 catalunya 2019
bolasport.com

Rossi juga tak mempermasalahkan strategi slipstream Marquez yaitu dengan berlindung di balik Rossi sehingga ia tak terlalu banyak terkena dampak tekanan angin dari depan.

Gambar terkait
kumparan.com

“Mungkin dia tidak memiliki pengalaman yang cukup dan butuh pembelajaran [bergurau]. Terlepas dari gurauan tersebut, dia adalah pebalap pintar. Dia coba menemukan titik lemah dan kekuatanmu.”

Hasil gambar untuk marquez fp3 catalunya 2019
cnnindonesia.com

“Kami semua nyaris seimbang di kualifikasi jadi pertarungan benar-benar ketat. Strategi Marquez bisa memberikan keuntungan sepersekian detik yang bisa jadi merupakan perbedaan antara baris pertama dengan baris ketiga,” ucap Rossi.

Sebagai informasi, pada latihan bebas, Pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins menjadi yang tercepat di latihan bebas ketiga (FP3) MotoGP Catalunya di Sirkuit Barcelona Catalunya, Sabtu (15/6), dengan catatan waktu 1 menit 39,547 detik.

Di awal-awal kualifikasi Marquez menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 40,014 detik. Fabio Quartararo di posisi kedua dan Alex Rins ketiga tercepat.

Hasil gambar untuk rossi dan marquez fp3 catalunya 2019
tribunnews.com

Sementara, Valentino Rossi masih berada di peringkat keenam di bawah Andrea Dovizioso serta Takaaki Nakagami.

Sejumlah kejadian unik sempat muncul di tengah-tengah latihan bebas ketiga itu. Pebalap Pramac Ducati Jack Miller meluncur ke gravel atau kerikil, sedangkan ban belakang Nakagami terangkat di tikungan ke-10.

Hasil gambar untuk rossi dan marquez fp3 catalunya 2019
bolasport.com

Aksi kejar-kejaran seperti dalam balapan sesungguhnya juga mewarnai FP3. Kejar-kejaran itu terjadi antara pebalap KTM Pol Espargaro dengan Marquez.

Balapan MotoGP Catalunya akan berlangsung pada Minggu (16/6). Balapan bisa disaksikan lewat live streaming di CNNIndonesia.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *