Ceramah soal Islamofobia di Masjid Balai Kota, Felix Siauw: Orangtua Saya Beda Agama, Tapi…

Ceramah di kajian bulanan yang digelar di Masjid Fatahillah Balai Kota DKI Jakarta. Ustaz Felix Siauw hadir menggunakan setelan batik cokelat dan peci warna abu-abu kemudian memulai ceramah sekitar pukul 12.22 WIB usai salat dzuhur.

Pada awal ceramah, Felix menceritakan isu dirinya yang dikabarkan tidak jadi ceramah di Masjid Balai Kota. Namun, panitia tetap mengatakan ia jadi mengisi materi di Masjid milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu.

“Semuanya kaget katanya enggak jadi. Saya terima berita jam 5 sore. Sebelumnya panitia hubungin saya (jadi),” kata Felix di Masjid Fatahillah Balaikota DKI Jakarta, Rabu (26/5).

Image result for Felix Siauw

Saat membuka ceramah, Felix juga menceritakan kebingungannya mengenai pelarangan dakwahnya di Masjid Fatahillah. Felix menyesalkan dirinya yang dituding intoleran.

“Saya bingung tiap hari pakai batik tapi dibilang anti nusantara. Padahal wajah saya unyu-unyu, kalau saya mau dakwa mungkin dibilang ini mau ngisi pengajian atau boyband,” ujar Felix.

Selain itu, Felix mengatakan memiliki orangtua yang berbeda agama. Menurut Felix, perbedaan ini harusnya dapat diindikasikan untuk menampik tudingan intoleran dirinnya.

Image result for Felix Siauw
Solopos.com

“Orangtua saya beda agama dan keyakinan tapi saya tetap dituduh anti toleransi,” jelas dia.

Kemudian, Felix memulai ceramahnya mengenai ‘Inti Islam’. Pada ceramahnya, Felix menyinggung mengenai potret Islamofobia hingga cerita hubungannya dengan orangtua pasca menjadi mualaf.¬†Sebelumnya, Kepala BKD DKI Jakarta Chaidir krmarin mengatakan bahwa kajian Felix sudah dibatalkan. Ia menjelaskan Felix sudah terjadwal untuk mengisi acara sejak lama. Chaidir hanya menjelaskan bakal mencari waktu lain untuk kembali mengadakan kajian.

Image result for Felix Siauw

“Alasannya ada penundaan waktu yang lebih baik. Itu kan jadwal lama, nanti kita cocokkan lagi. Acaranya dibatalkan,” ujar Chaidir saat dihubungi, Selasa (25/6) kemarin.

Chaidir juga menambahkan bahwa Felix tidak akan diundang kembali untuk acara di DKI. Namun, Chaidir tidak memberi keterangan lebih lanjut alasan Felix tidak akan diundang kembali.

Selebaran yang berisi acara kajian bulanan di masjid Balaikota viral di media sosial. Sedianya acara itu dilaksanakan pad Rabu, 26 Juni 2019 pukul 11.45 WIB. Acara kajian bulanan dilakukan di Masjid Fatahillah Balaikota.

Diketahui, Felix merupakan tokoh agama Islam yang disebut-sebut pro negara Khilafah. Pemilik akun twitter @Felixsiauw ini juga dikenal sebagai aktivis Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan sering dikaitkan dengan gerakan Indonesia tanpa pacaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *