Ini Tanggapan Ridwan Kamil Soal Namanya Masuk Daftar Tokoh yang Berpeluang Maju di Pilpres 2024: Terlalu Jauh

(terasjabar.id)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masuk ke dalam jajaran yang mungkin maju menjadi calon presiden dalam Pilpres 2024 mendatang. Ia mengatakan, masih terlalu dini membahas nama-nama yang berpeluang menjadi calon presiden pada Pilpres 2024 itu

Hal tersebut ia sampaikan saat ditanya hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, yang memasukkan namanya dalam daftar tokoh yang kemungkinan maju di Pilpres 2024.

Namanya Masuk Daftar Tokoh yang Berpeluang Maju di Pilpres 2024, Ini Tanggapan Ridwan Kamil
tribunnews.com

“Pertama, ini teh masih 2019, sudah ngomongin 2024, menurut saya terlalu jauh,” kata gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (3/7/2019).

“Kedua, saya masih gubernur baru, saya belum punya pengalaman mendalami multidimensi,” sambungnya.

matamatapolitik.com

Secara pribadi, katanya, ia masih fokus bertugas sebagai Gubernur Jabar, membawa kemajuan dan perubahan di Jabar. Hasilnya, katanya, bisa dilihat di akhir masa jabatanmya. Jika masyarakat mengapresiasi dan memang ada hasilnya, hal lainnya seperti pencalonan capres bisa menyesuaikan.

“Saya kira hal-hal lain bisa mengikuti. Jadi tidak sejauh ini, masih banyak yang lebih layak untuk kondisi sekarang. Sekarang saya lebih fokus memastikan Jabar bisa juara lahir batin,” paparnya.

Mengenai fotonya bersama sejumlah tokoh seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang kemudian dikomentari warganet sebagai capres dan cawapres 2024, Emil mengatakan itu hal biasa.

“Itu mah saya kan sering posting dengan Anies Baswedan, Sandiaga Uno, dengan Ganjar Pranowo. Setiap posting, multikomen, multitafsir,” katanya.

Hasil gambar untuk capres 2024
tribunnews.com

Sebelumnya, LSI Denny JA memprediksi 15 tokoh bakal bertarung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Peneliti LSI Denny JA Rully Akbar menjabarkan, tokoh-tokoh tersebut dipilih berdasarkan tiga kriteria. Yakni, berdasarkan pimpinan pemerintah daerah, partai politik, hingga berdasarkan jenjang jabatan di pemerintahan.

Rully menyebutkan, 15 tokoh yang didapatkan dari tiga kategori tersebut, memiliki tingkat pengenalan masyarakat di atas 25 persen. Berdasarkan kategori pimpinan pemerintah daerah, LSI Denny JA memprediksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Juga, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, yang masuk ke bursa Pilpres 2024.

Sedangkan untuk kategori partai politik, LSI Denny JA menyebut Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto. Ada juga Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimutri Yudhoyono (AHY), Menko PMK Puan Maharani, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar

Hasil gambar untuk capres 2024
detik.com

Di kategori selanjutnya, yakni pejabat di pemerintahan, nama-nama yang diprediksi oleh LSI Denny JA adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Kepala BIN Budi Gunawan. Ada pula Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Untuk kategori terakhir, yaitu faktor kejutan, peneliti LSI Denny JA memprediksi adanya satu calon yang dilabeli mereka dengan sebutan Mr/Mrs X. Hal itu karena diprediksi akan ada nama yang sebelumnya tidak disangka-sangka akan melaju ke Pilpres 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *