Ternyata Mantan Kapolda Metro Jaya Sempat Diperiksa dalam Kasus Novel Baswedan, Tapi…

(okezone.com)

Anggota Pakar TGPF Novel, Hendardi menyebut pemeriksaan terhadap Iriawan hanya sebatas saksi.”Untuk menepis berbagi isu, betul Komjen Iriawan kita periksa dalam konteks beliau sebagai Kapolda,” kata Hendardi di Gedung Kemensetneg, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2019).

(kompas.com)

Hendardi menjelaskan, Iriawan dan Novel memang sering bertemu pascapenyiraman air keras. Pertemuan terjadi baik Iriawan yang mendatangi Novel maupun Novel yang datang ke Polda Metro Jaya untuk menemui Iriawan.

“Jadi kalau orang diperiksa biasa saja sebagai saksi. Saksi karena hubungan itu ada,” jelasnya.

(jawapos.com)

“Hubungannya apa? Misalnya dia Novel pernah ke Polda Metro, Pak Iriawan juga pernah mengunjungi Novel ketika kejadian itu maupun sebelum, sesudahnya pernah. Itu yang kami periksa,” imbuhnya.

Hendardi menilai wajar jika dalam pengusutan suatu kasus akan banyak pihak yang diperiksa, termasuk jenderal Polri.

“Kan disini saksinya kami periksa juga. Saksinya betul pembicaraan ini saja atau ada pembicaraan lain dan sebagainya. Jadi jangan dipandang sebagai negatif bahwa jenderal ini pasti yang menjadi tersangka. Itu hanya sebagai saksi,” tegasnya.

Sebelumnya, Komjen Iriawan mengaku pernah dimintai klarifikasi oleh TGPF kasus penyiraman air keras ke Novel Baswedan.

“TGPF datang ke kantor kira-kira dua bulan yang lalu lah,” tutur Iriawan saat dikonfirmasi, Kamis (11/7/2019).

Hanya saja, mantan Kapolda Metro Jaya itu menampik diperiksa oleh TGPF Novel Baswedan. Pasalnya, dia dalam kondisi tidak terjerat atas kasus hukum tersebut.

“Sebetulnya nggak diperiksa, kalau diperiksa itu kan di BAP. Diklarifikasi lah, jadi dia tanya kenapa Novel. Saya bilang pernah ke kantor saya. Ya dia kan bekas polisi junior saya. Kebetulan orang dekatnya dia (sahabat Novel) ada haji Arif namanya, itu anak buah saya waktu dia masih menjadi anggota di Polda Metro gitu,” jelas dia.

Iriawan menyebut, Arif kini tidak lagi menjadi perwira polisi. Dia kini merupakan wakil bupati Kebumen.

“Kemudian kita (dengan Novel) diskusi di kantor terkait dengan penanganan kasus-kasus oleh KPK, bisa nggak kita kolaborasi. Itu subtansi pertama obrolan kita dengan Novel Baswedan. Nah TGPF nanya itu,” kata Iriawan.

Diketahui, TGPF kini telah menyelesaikan proses investigasi. Hasilnya pun telah diserahkan kepada Polri dan akan diumumkan pekan depan. Laporan yang telah disampaikan setebal 170 halaman. Laporan itu juga dilengkapi dengan lampiran.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *