Anies Dicibir karena Hobi ‘Pelesiran’ ke Luar Negeri, Pemprov DKI Bikin Pembelaan Begini

kompas.com

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menuai cibiran. Kali ini, dirinya dinilai kerap bepergian ke luar negeri walaupun demi pekerjaan. Anies memang dalam beberapa kesempatan pergi ke luar negeri untuk menghadiri pertemuan dan menjadi pembicara. Namun, tidak semua undangan dari luar negeri dihadiri oleh Anies.

“Banyak undangan yang tidak kita penuhi, karena kan melihat kondisinya. Misalnya ada undangan, kita buat kajian sebaiknya ini tidak perlu dihadiri, karena scoopnya kecil dan dihadiri oleh pesertanya kan kita tanya juga, yang hadir itu dari mana, perwakilan level apa, sehingga kita tidak (penuhi),” ujar Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Neger (KDH dan KLN) DKI Jakarta, Muhammad Mawardi, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (12/7/2019).

Selain undangan kepada gubernur, ada juga undangan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ditolak. Penolakan didasarkan atas pertimbangan tindak lanjut usai pertemuan itu.

“Banyak undangan, bahkan mungkin undangan-undangan yang ke SKPD juga banyak yang kita sarankan untuk tidak dihadiri. Karena kan pertama kan yang lebih fokus adalah bagaimana kita menindaklanjuti hasil kerja samanya,” ucap Mawardi.

Selain penolakan, Anies juga mewakilkan undangan dari luar negeri kepada pejabat DKI lain. Kecuali, agenda yang tidak mungkin bisa diwakilkan.

“Kalau ini tergantung dari topiknya. Kalau memang ini kan enggak mungkin diwakili oleh asisten atau apa yang di Kolombia. Termasuk yang kemarin di Argentina juga karena pertemuan dengan para wali kota U-20 kan, enggak mungkin diwakilkan sehingga kan Pak Gubernur harus hadir. Termasuk penandatanganan kerja sama, itu kan mesti kepala daerah,” kata Mawardi.

“Kalau yang lain-lainnya kayak Bu Atika (Kadis Kominfo) berangkat juga, Pak Oswar (Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI) juga kan mewakili Pemprov yang setidaknya tidak harus kepala daerah,” ujar Mawardi.

Seperti diketahui, saat ini masih berada di luar negeri. Dia berangkat dari tanggal 9 Juli 2019 untuk menghadiri pertemuan World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) di Kolombia. Setelah itu, Anies melanjutkan perjalanan ke AS sebagai pembicara di Forum USINDO dan kembali pada 18 Juli 2019.

View this post on Instagram

Kota adalah manusianya, bukan sekadar gedung-gedungnya. Itulah semangat yang disampaikan oleh semua pembicara dalam forum pendahulu yang diadakan oleh C40 Cities Climate Leadership sebelum World Cities Summit resmi dimulai. Forum ini dimoderatori oleh Manuel Olivera, Regional Director for Latin America, C40. Dalam forum ini Walikota Medellin, Federico Gutierrez Zuluaga, dan anggota dewan kota Lima – Peru, Andrea Paola Cuba Plaza, berbagi tentang tantangan kota dan praktik baik yang dilakukan pemerintah kotanya dalam mendorong gerakan mobilitas kota rendah emisi karbon.⁣ ⁣ Demikian pula Jakarta. Alhamdulillah, kita bisa melaporkan pada para pemimpin kota dunia, bahwa warga Jakarta semakin banyak yang mengendarai angkutan publik.⁣ ⁣ Jumlah penumpang TransJakarta meningkat hampir dua kali lipat dalam waktu kurang dari tiga tahun terakhir. TomTom Traffic Index 2018 menunjukkan bahwa tingkat kemacetan Jakarta turun terbesar dibanding 400 kota lain di dunia yang sebagian besar justru naik. Penghargaan tingkat global Sustainable Transport Award 2020 Honorable Mention dianugerahkan pada kota kita atas perubahan integrasi transportasi, pengutamaan akses pejalan kaki menuju halte dan stasiun, inisiatif bus listrik, serta perluasan cakupan transportasi publik yang terjadi dalam setahun terakhir.⁣ ⁣ Tantangan ke depan tentu masih banyak, dan kita akan terus berlari ke depan. Kami sampaikan pada para wakil kota-kota dunia yang hadir, warga Jakarta optimis dan ikut aktif terlibat membangun #WajahBaruJakarta.⁣ ⁣ Perubahan kota hanya akan terjadi dan bertahan dengan inisiatif, dukungan dan gerakan warganya. Jakarta siap belajar dari pengalaman kota-kota lain, namun Jakarta juga siap berbagi praktik baik yang telah kita lakukan bersama. Karena kita ingin Jakarta juga menjadi inspirasi bagi kota-kota lain di dunia.⁣ ⁣ ⁣ #WCSMF2019 #WCSMF #BuildingTrust

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

“Dalam perjalanan pulang seusai menjadi pembicara pada World Cities Summit Mayors Forum 2019 di Medellin, Colombia, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan singgah ke Washington D.C., Amerika Serikat, untuk memenuhi undangan menjadi pembicara dalam Forum pertemuan USINDO Luncheon yang akan diselenggarakan pada hari Senin, 15 Juli 2019. Rute perjalanan Indonesia-Kolombia cukup panjang dan memang melewati Amerika Serikat,” tulis keterangan resmi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kamis (11/7).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *