Nilai Anies Baswedan Rajin Keluar Negeri, DPRD: Jakarta Autopilot di Era Ini! Begini Maksudnya

tempo.co

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kembali mendapat kritikan pedas. Kali ini terkait kebiasaannya keluar negeri. Begini tanggapan tegas Wakil Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD DKI Jakarta, Willian Yani itu.

Wakil Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD DKI Jakarta, Willian Yani, mengkritik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang melawat ke luar negeri, tapi tak berdampak positif bagi daerah yang dipimpinnya. Dilansir dari Tirto.id, saat ini, Anies tengah melawat ke Amerika Serikat 10 Juli hingga 18 Juli 2019.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. tirto.id/Andrey Gromico
(tirto.id)

Sebelumnya, ia telah berada di Kolombia World Cities Summit. William menilai, Anies seperti tak mengurusi Jakarta layaknya seorang Gubernur.

Hasil gambar untuk anies kunjungan keluar negeri
(tribunnews.com)

“Menurut saya sih Anies enggak ngurusin sama sekali Jakarta, jadi kayak autopilot. Jakarta itu bergerak autopilot enggak ada dia pun ya berjalan begini-begini aja. Iya gini-gini aja. Enggak ada nilai tambah kok,” papar William, Jumat (12/7/2019) sore.

Hasil gambar untuk anies kunjungan keluar negeri
(pojoksatu.id)

“Iya tidak mengurusi. Jadi apa yang terjadi sekarang saya sebut Pemprov DKI itu autopilot. Otomatis berjalan. Kan saya tanya misalnya begini, program apa Pak Anies yang sudah dijalankan? Enggak ada tuh,” lanjutnya lagi.

Ia menilai Anies terlalu sering ke luar negeri dengan berbagai agenda, tetapi minim hasil yang diperoleh untuk warga Jakarta.

Hasil gambar untuk anies kunjungan keluar negeri
(merahputih.com)

“Jadi menurutku, keseringan dia keluar negeri dan saya enggak tau apa yang dia lakukan gitu. Hasilnya apa? Memang enggak ada kewajiban buat melaporkan apa saja yang dilakukan. Tapi kan, Wagub lagi enggak ada. Yang kedua, itu keseringan, lalu kerja sama apa yang dilakukan?” Paparnya lagi.

William membandingkan kepemimpinan Anies dengan ketika Basuki Tjahja Purnama atau Djarot Syaiful ketika menjabat.

“Kan beda dengan Ahok atau Djarot ke Belanda untuk meninjau, misalnya bagaimana cara mengatasi banjir, bagaimana mengatasi rob. Ada targetnya. Jadi, menurut saya, Gubernur DKI ini memang sama sekali tidak berniat mengurusi Jakarta,” pendapat dia lagi.

Hasil gambar untuk anies kunjungan keluar negeri
(kanigoro.com)

Oleh karena itu, ia pun mengkritik kebijakan Anies yang kerap keluar negeri tetapi tidak membawa hasil apa-apa.

“Enggak ada [hasilnya]. Kalau aturan memang dia enggak melanggar, tapi secara etika ya jangan sering-sering. Kalau kesalahan ya enggak ada, tetapi tidak menguntungkan juga bagi warga DKI,” katanya.

“Sekarang, pertanyaan saya dia berapa lama menjabat? Dua tahun. Sekarang program yang dia kampanyekan apa yang sudah berjalan? Tidak ada. Dia malah jalankan mudik bersama. Ada enggak waktu di kampanye dia bilang mau jalankan mudik bersama? Enggak ada,” lanjut kritiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *