Dapat Grasi dari Presiden Jokowi, Eks Guru JIS Terpidana Kasus Pelecehan Seksual Dinyatakan Bebas! Ternyata Pengurangannya Sampai Segini

detik.com

Neil Bantleman yang merupakan terpidana pelecehan seksual yang juga mantan guru Jakarta Internasional School (JIS) akhirnya bebas. Ternyata ia mendapat grasi dari Presiden Jokowi. Ternyata, begini pengurangannya.

Terpidana kasus pelecehan seksual yang juga mantan guru Jakarta Internasional School (JIS) Neil Bantleman telah dinyatakan bebas. Dilansir dari Kompas.com, Neil ditahan di Lembaga Permasyarakatan Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur.

Dapat Grasi Jokowi, Neil Bantleman Terpidana Kasus Sodomi di JIS Bebas!
(detik.com)

“Sudah bebas dari Lapas kelas 1 Cipinang pada tanggal 21 Juni 2019,” tutur Kabag Humas Ditjen Permasyarakatan Ade Kusmanto ketika dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (12/7/2019).

Neil pun dibebaskan karena mendapat grasi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13/G tahun 2019 tanggal 19 juni 2019.

Guru Jakarta International School (JIS) Neil Bantleman usai dibebaskan dari Rutan Cipinang, Jakarta Timur, Jumat (14/8/2015).
(kompas.com)

Kepres tersebut memutuskan berupa pengurangan pidana dari 11 tahun menjadi hanya 5 tahun 1 bulan dan denda pidana senilai Rp 100 juta.

“Dendanya juga sudah dibayar,” jelas Ade.

Hasil gambar untuk Neil Bantleman jis bebas
(terasjabar.id)

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah memvonis Neil dengan hukuman penjara selama 10 tahun pada April 2015 lalu. Tetapi, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta membebaskan kedua terdakwa tersebut pada Agustus 2015.

Hasil gambar untuk Neil Bantleman jis bebas
(merdeka.com)

Atas putusan banding itu, jaksa mengajukan kasasi ke MA, dan akhirnya majelis kasasi menambah hukumannya menjadi selama 11 tahun penjara. Vonis MA itu lebih rendah dari tuntutan jaksa yang telah menuntut kedua pengajar JIS tersebut dihukum 12 tahun penjara.

Kasus pelecehan seksual terhadap murid JIS ini berawal dari laporan orang tua murid, FLW pada 15 April 2015 lalu.

Sementara itu, dilansir dariĀ Detik.com, kabar bebasnya Neil itu dipublikasikan sejumlah media internasional. Reuters pun mengutip Dirjen Permasyarakatan Sri Puguh Utami, mengatakan bahwa Neil telah menerima grasi.

Hasil gambar untuk Neil Bantleman jis bebas
(antarafoto.com)

Menurut UU No. 22 Tahun 2002 tentang Grasi, grasi itu merupakan pengampunan berupa perubahan, peringanan, pengurangan, atau bahkan penghapusan pelaksanaan pidana yang diberikan Presiden.

Walau pemberian grasi dapat mengubah, meringankan, mengurangi, atau menghapuskan kewajiban menjalani pidana yang dijatuhkan olrh pengadilan, tidak berarti serta merta menghilangkan kesalahan dan bukan merupakan bagian rehabilitasi terhadap terpidana itu.

Kakak Neil Bantleman, Guy, pun ikut mengatakan bahwa adiknya itu telah kembali ke negara asalnya, Kanada. Sementara itu, Neil juga menegaskan bahwa dia merasa tidak bersalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *