Update! 4 Jemaah Haji Asal Indonesia Meninggal, 41.087 Orang Sudah Tiba di Madinah! Ini Data Selengkapnya

(lensaindonesia.com)

Keberangkatan jemaah haji Indonesia masih terus berlangsung. Data terbaru, sudah 41.087 jemaah yang tiba di Madinah. Ada 4 orang yang dinyatakan meninggal dunia, ini nama-namanya.

Sebanyak 41.087 orang jemaah haji Indonesia tercatat telah berada di Madinah, Arab Saudi. Sementara itu, jumlah petugas tercatat mencapai 505 orang.

Jemaah Haji Indonesia Tiba di Bandara Prince Mohammed bin Abdul Aziz, Madinah.Foto: Darmawan/MCH
(liputan6.com)

Dilansir dari Liputan6.com, kedatangan para jemaah haji ke Madinah untuk melaksanakan salat 40 waktu atau Arbain, yang merupakan rangkaian ibadah sunah dari rangkaian pelaksanaan ibadah haji.

Jumlah ini merupakan data terbaru dari Siskohat Kementerian Agama, hingga Sabtu (13/7/2019) pukul 07.15 Waktu Arab Saudi (WAS).

Hasil gambar untuk jemaah haji indonesia 2019
tribunnews.com

“Tercatat 4 sudah wafat,” tutur Kepala Seksi Data dan Informasi Daerah Kerja Bandara, Ambari Julianto yang berada di Madinah.

Jumlah jemaah tersebut, berasal dari 101 kloter dari seluruh embarkasi di Indonesia. Embarkasi itu, antara lain Jakarta, Surabaya, Ujung Pandang, Solo, Batam, Palembang, Padang, Medan, dan embarkasi lainnya.

Adapun 4 jemaah yang telah menghembuskan nafas terakhir yakni, Sumiyatun bin Sawi, Khairil Abbas bin Salim, Mudjahid Damanhuri Mangun, dan juga Artapiah Armin Musahab.

Hasil gambar untuk jemaah haji indonesia 2019
jawapos.com

Di tahun ini, Indonesia kebagian kuota haji sebesar 221 ribu orang, terdiri atas 204 ribu jemaah haji reguler dan 17 ribu jemaah haji khusus. Kemudian, ada tambahan kuota yang diberikan pemerintah Arab Saudi sebesar 10 ribu orang jemaah.

Hasil gambar untuk jemaah haji indonesia 2019
liputan6.com

Untuk diketahui, Indonesia merupakan negara terbanyak yang mengirimkan jemaah haji ke Tanah Suci setiap tahunnya dibandingkan dengan negara lain di seluruh dunia.

Sementara itu, dilansir dari Bisnis.com, Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa para jemaah calon haji tahun ini harus menghadapi musim panas di Mekkah nantinya.

Hasil gambar untuk jemaah haji indonesia 2019
kompas.com

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Oscar Primadi pun mengimbau para jemaah calon haji untuk tetap menjaga kesehatan dengan baik. Selain itu, jemaah juga diminta untuk beristirahat cukup, menjaga perilaku hidup yang sehat, rajin mencuci tangan, dan juga makan tepat waktu.

Seperti dilansir dari Antara, Sabtu (13/7), Oscar pun menyampaikan agar para jemaah mempererat tali persaudaraannya selama ibadah, sehingga dapat saling menjaga selama di Tanah Suci. Para jemaah calon haji juga harus tetap berkoordinasi dengan para petugas kesehatan haji yang berada di rombongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *