Wakil Ketua DPR M Taufik Divonis 6 Tahun Penjara, PAN Kaitkan Kasus Korupsi dengan Perolehan Suara di Jateng

Wakil Ketua DPR nonaktif Taufik Kurniawan divonis 6 tahun penjara serta denda Rp 200 juta subsider 4 bulan kurungan dalam kasus suap. Atas vonis yang menimpa Taufik tersebut, Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN, Dradjad Wibowo mengaku prihatin. Ia juga mengaitkan kasus korupsi Taufik dengan perolehan suara PAN di Jateng.

Majelis hakim Pengadilan Tipikor Semarang menjatuhkan vonis 6 tahun penjara kepada Wakil Ketua DPR RI nonaktif Taufik Kurniawan. PAN prihatin.

“Sebagai kawan lama Mas Taufik, saya prihatin dengan apa yang terjadi dengan dia,” kata Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN, Dradjad Wibowo, kepada wartawan, Senin (15/7/2019).

PAN Prihatin Taufik Kurniawan Divonis 6 Tahun Penjara
detik.com

Dradjad pun mengaitkan terjeratnya Taufik dalam kasus korupsi dengan perolehan suara PAN di Jateng. Menurutnya, kasus yang menimpa Taufik punya andil dalam terpuruknya suara PAN di Jateng, khususnya di Dapil Jateng VII.

“Kasus Mas Taufik tentu ada pengaruhnya bagi suara, khususnya di dapil dia di Jateng VII. Ini boleh dikatakan ‘dapil super panas’ karena ada tokoh-tokoh seperti Bambang Soesatyo, Romi dan lain-lain,” ujarnya.

Image result for Taufik Kurniawan
tempo.co

“Dalam Pileg 2014, suara pribadi Mas Taufik hampir 60 ribu. Jadi ketika dia ditahan menjelang pileg, sulit bagi PAN mempertahankan Jateng VII,” sambung Dradjad.

Kendati demikian, Dradjad menilai terpuruknya perolehan suara PAN di Jateng lebih disebabkan isu Pilpres. Mengingat, selama kampanye kasus yang menimpa Taufik tak pernah disinggung.

“Kalau untuk dapil lain, pengaruh kasus Taufik ini relatif sangat kecil. Selama kampanye, tidak ada sama sekali pembicaraan mengenai kasus ini oleh konstituen. Isu-isu pilpres lebih dominan dalam perolehan suara parpol-parpol dalam pileg di Jawa Tengah,” tuturnya.

KPK Harap Vonis 6 Tahun Bui Taufik Kurniawan Jadi Pelajaran Anggota DPR
detik.com

Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Semarang menjatuhkan vonis 6 tahun penjara kepada Wakil Ketua DPR RI nonaktif, Taufik Kurniawan. Ia dinyatakan bersalah menerima suap pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen dan Purbalingga.

Image result for Taufik Kurniawan
detik.com

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 6 tahun dan denda Rp 200 juta jika tidak dibayarkan maka akan diganti kurungan 4 bulan,” kata Hakim Ketua, Antonius Widijantono, Senin (15/7/2019).

KPK berharap vonis terhadap Taufik menjadi pelajaran bagi para anggota legislatif lainnya.

Image result for Taufik Kurniawan
kompas.com

“Kami harap kasus ini juga dapat menjadi pembelajaran bagi para anggota legislatif lainnya dan juga kepala daerah atau pejabat yang dipilih oleh rakyat agar tidak melakukan korupsi,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (15/7/2019).

Febri menyebut KPK menghormati putusan hakim meskipun vonis lebih rendah dari tuntutan jaksa.

1 thought on “Wakil Ketua DPR M Taufik Divonis 6 Tahun Penjara, PAN Kaitkan Kasus Korupsi dengan Perolehan Suara di Jateng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *