Ikut Jejak PKB dan Gerindra, PPP: Kami Juga Mengincar Kursi Ketua MPR, Minimal…

(tribunnews.com)

Kursi Ketua MPR masih menjadi perebutan beberapa partai. Kali ini, PPP menyatakan ikut mengincar kursi itu. Jika tak bisa jadi ketua, mereka inginkan jabatan ini.

Perebutan kursi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) kian menghangat. Selain Partai Golkar, PKB, dan juga Gerindra, kini Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga menyatakan ingin mendapatkan kursi Ketua MPR.

Hasil gambar untuk Suharso Monoarfa
(kabar24.bisnis.com)

Dilansir dari Kumparan.com, hal itu diungkapkan oleh Plt Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP, Suharso Monoarfa, usai Mukernas IV PPP yang berlangsung di Serang, Banten, Sabtu (20/7).

“Oh iya, kami juga mengincar kursi MPR. Kalau bisa, jadi ketua jadi lebih bagus, tapi minimal PPP wakil ketua MPR,” tutur Suharso.

Hasil gambar untuk Suharso Monoarfa ppp
(liputan6.com)

Dia juga merasa partai berlambang Kakbah itu juga pantas untuk mendapatkan kursi pimpinan MPR sebagai wujud penguatan koalisi di legislatif.

Tak hanya itu, Suharso pun menyinggung tradisi tidak tertulis yang mengatakan bahwa partai pemenang Pemilu 2019 harus mengisi posisi dari Ketua MPR.

Dia tak sependapat dengan tradisi itu. Sebab, sebagai partai paling kecil perolehan kursi di Pileg 2019, PPP juga dirasa berhak atas posisi tersebut.

“Seperti di negara-negara lain, yang paling bungsu mendapatkan posisi jadi ketua senat, begitu kan? Jadi, kenapa tidak ketuanya juga ke kita. Atau setidaknya wakil ketua MPR untuk PPP,” tuturnya lagi.

Hasil gambar untuk ppp jokowi
(kompas.com)

Lebih lanjut, Suharso mengatakan lagi bahwa keinginan itu sudah disampaikan kepada parpol Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Namun, baru disampaikan secara informal, belum dilakukan secara resmi.

Hasil gambar untuk ppp jokowi
(kompas.com)

“Belum, kalau itu belum (pembahasan komposisi pimpinan MPR). Kalau keinginan sudah, keinginan sudah kami sampaikan. Tapi, kalau bicara duduk sama-sama belum. Nanti kita akan agendakan itu,” lanjut mantan Anggota Wantimpres Jokowi itu.

Hasil gambar untuk mpr
(tirto.id)

Sementara itu, dilansri dari iNews.id, untuk diketahui, PKB sebelumnya beberapa kali telah mengungkapkan keinginannya untuk menduduki kursi ketua MPR.

PKB telah menggadang-gadang Muhaimin Iskandar yang diplot untuk menggantikan kursi yang saat ini ditempati oleh Zulkifli Hasan itu.

Setelah PKB, Partai Gerindra memunculkan pernyataan yang sama. Gerindra mengincar kursi ketua MPR setelah pertemuan langsung antara Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *