Setia Banget! Gerindra Incar Kursi Ketua MPR, PAN Tidak Masalah? Ini Kata Dradjad Wibowo

Partai Gerindra tengah mengincar posisi Ketua MPR sebagai bentuk rekonsiliasi pascapilpres 2019. Melihat langkah partai yang diketuai oleh mantan calon presiden Prabowo Subianto yang mulai merapat ke pemerintahan baru Presiden terpilih Joko Widodo. Bagaimana tanggapan PAN sebagai kawan Gerindra di Koalisi Indonesia Adil Makmur pada Pemilu 2019?

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Gerindra Sodik Mudjahid menyebut rekonsiliasi harus diwujudkan oleh para wakil rakyat, terutama dalam menetapkan komposisi pimpinan MPR. Dia menilai komposisi terbaik adalah Gerindra menduduki kursi Ketua MPR, sedangkan PDIP menduduki kursi Ketua DPR.

Menilai hal itu Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai kawan setia Partai Gerindra selama pilpres 2019 menilai hal tersebut tak menjadi masalah.

(Akurat.co)

“Nggak masalah,” kata anggota Dewan Kehormatan PAN, Dradjad Wibowo seusai menghadiri acara pembekalan caleg terpilih PAN DIY, di The Rich Jogja Hotel, Sleman, DIY, Sabtu (20/7/2019).

Image result for dradjad wibowo
(tribunnews.com)

Dradjad menjelaskan, kalau terkait posisi pimpinan DPR diatur dalam UU MD3. Sedangkan di MPR, ada suara dari DPD.

“Jadi saya rasa sah-sah saja untuk Gerindra atau partai lain menginginkan menjadi ketua MPR, itu akan dibicarakan bersama, ujungnya mengerucut kesepakat bersama,” ujarnya.

(detik.com)

“Kan tergantung suara itu nanti, setelah dilantik 1 Oktober (2019), DPD arahnya kemana, partai mana yang paling bisa banyak kerja sama dengan DPD, akan kelihatan. Kalau teman-teman Gerindra targetkan itu, tentu teman-teman Gerindra perlu menggalang suara dari partai lain, termasuk dari DPD,” paparnya.

Dradjad pun mencontohkan ketika Ketum PAN, Zulkifli Hasan maju sebagai Ketua MPR 2014-2019. Kala itu, PAN melakukan lobi ke sejumlah pihak untuk mendapatkan suara bagi Zulkifli.

detik.com

“Sama seperti kita memperjuangkan Bang Zul untuk maju sebagai ketua MPR. Waktu itu Bang Hatta lobi banyak pihak untuk dapatkan cukup suara,” ungkapnya.

Saat disinggung apakah PAN tertarik lagi untuk menduduki posisi ketua MPR? Dradjad menyebut akan bertanya dulu kepada Zulkifli.

ngopibareng.id

“Itu saya perlu tanya ke Bang Zul,” ucapnya.

Untuk diketahui, dalam UU MD3 Pasal 427C, pimpinan MPR setelah hasil Pemilu 2019 terdiri atas 1 ketua dan 4 wakil. Pimpinan dipilih dari dan oleh anggota MPR dalam satu paket yang bersifat tetap.

Tiap fraksi dan kelompok anggota dapat mengajukan satu orang bakal calon pimpinan MPR. Kemudian pimpinan MPR dipilih secara musyawarah untuk mufakat dan ditetapkan dalam rapat paripurna MPR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *