Arief Poyuono Ingin Pertemukan Megawati dan Prabowo, Apa Yang Ingin Mereka Bahas?

Wakil Ketua Umum Gerindra Arief Poyuono mengaku ingin mempertemukan Ketua Umum Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Dia menyebut ide itu muncul usai bertemu politikus PDIP Aria Bima dalam sebuah diskusi. Apa yang akan Megawati dan Prabowo bahas?

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono berenca mempertemukan Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Menurut Arief, pertemuan antara Prabowo dan Megawati akan membahas sejumlah hal, satu di antaranya soal koalisi.

Image result for megawati gerindra koalisi
(Tribun)

“Banyak yang harus dibicarakan, misalnya bagaimana nanti kalau kami berkoalisi,” kata Arief saat dihubungi Liputan6.comdi Jakarta, Sabtu (20/7/2019).

Selain itu, Arief mengungkapkan bahwa pertemuan Prabowo dan Megawati juga akan membahas jatah kursi pimpinan DPR dan MPR.

“Terus bagaimana juga mengatur susunan di DPR dan MPR,” katanya.

Image result for megawati gerindra koalisi
(Berita Satu)

Di sisi lain Arief mengaku bahwa pihaknya terbuka apabila Presiden Jokowi meminang beberapa kader Gerindra untuk menduduki posisi dalam pemerintahan.

Bukan hanya itu, Jokowi juga dipersilahkan untuk menggaet kader partai lain dari oposisi, misalnya PAN.

Image result for megawati gerindra koalisi
(Medcom)

“Artinya bagaimana misalnya Joko Widodo mengambil kader-kader partai pendukung 02 untuk duduk di kabinetnya gitu kan. Ada PAN juga kayanya. Kami mau ajak PAN juga,” lanjut Arief.

Selain itu, Arief juga berencana mempertemukan Prabowo dengan petinggi parpol pendukung Jokowi-Ma’ruf, di antaranya Partai Golkar dan Partai Kebangkita Bangsa (PKB). Arief menilai, dua partai itu meraup suara terbesar dalam Pileg 2019.

“Karena kan tiga partai itu yang pemegang sahamnya Jokowi terbesarkan,” katanya.

Image result for arief poyuono
(Kumparan)

Ia juga berenca akan menggandeng PAN dalam pertemuan tersebut. Arief yakin, PAN akan setuju dengan pertemuan tersebut.

“Kalau PAN kan terbuka ya, saya tingga bicara dengan Mas Eddy (Eddy Soeparno) aja kan,” kata Arief.

Sebelum terealisasi, rencana itu akan dibicarakan dahulu dengan beberapa politikus partai tersebut. “Ada Aria Bima, ada Ace Hasan, ya itu ada lagi PKB. Tapi PKB belum bisa kita kontak,” ungkapnya.

Sambut Positif

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyambut positif ide pertemuan antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Pertemuan ini akan semakin menguatkan semangat persatuan pascapilpres.

Gerindra Suarakan Pertemuan Prabowo-Megawati, PDIP Sambut Positif
(Sindo)

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, PDIP menyambut positi rencana pertemuan itu terjadi. Para elite politik memang patut memberikan keteladanan.

“Pertemuan sangat baik dilakukan oleh para pemimpin termasuk Ibu Megawati Soekarnoputri dan Pak Prabowo,” kata Hasto usai menghadiri Malam Anugerah KPAI 2019 di MNC Conference Hall, iNews Tower, Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2019) malam.

Hasto menuturkan, pertemuan antara dua negarawan merupakan hal yang baik untuk memberikan pembelajaran politik bagi masyarakat. Terlebih komunikasi antara Megawati dan Prabowo selama ini terus terjalin.

“Bagaimana pun juga keduanya membangun persahabatan sebagai pemimpin dan untuk itu tentu saja dialog kepemimpinan adalah hal yang baik bagi bangsa dan negara,” kata Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf ini.

Kendati demikian Hasto belum dapat memastikan kapan pertemuan itu akan terjadi. PDIP saat ini sedang fokus persiapan kongres pada 8 Agustus 2019.

Sebelumnya Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono mengatakan, akan ada pertemuan lanjutan antara Prabowo dengan presiden terpilih Joko Widodo. Pertemuan itu akan dihadiri oleh Megawati.

“Pertemuan Prabowo dan Joko Widodo masih sedang disiapkan. Nanti kalau sudah siap kami kasih tahu. Re‎ncananya pertemuan juga akan melibatkan PDI Perjuangan dan Ibu Mega nantinya,” kata Arief, Jumat (19/7/2019).

Dia mengungkapkan, salah satu yang akan dibahas dalam pertemuan Jokowi dan Prabowo nanti menyangkut arah politik Partai Gerindra untuk lima tahun ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *