Akun Instagramnya Kena Retas, Inul Daratista Malah Sapa Hacker dengan Menawan

(Cerita Foto Selebriti)

Baru-baru ini, pedangdut Inul Daratista mengalami hal yang kurang mengenakan. Akun Instagram pribadinya diretas oleh seseorang tak dikenal pada Minggu (21/7) malam. Nama akun Instagramnya berubah menjadi @Instagrammer.

Akun Instagram milik Inul Daratista belum lama diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Menurut postingan dari akun gosip @lambe_turah, nama dan foto profil Inul sempat diubah.

Image result for inul di hack

Tak hanya itu, si peretas bahkan sempat melakukan live streaming lewat akun tersebut dan sengaja memberikan keterangan jika ia berhasil membobol akun Inul. Hal itu jelas membuat banyak pengikut Inul kaget.

Beruntung, pemilik goyang ngebor itu berhasil mengembalikan akun miliknya. Melalui Instagram pribadinya, Inul pun seolah meledek si hacker dengan memajang foto super cantik bak Barbie.

Dalam foto tersebut, Inul tampak memakai gaun panjang berwarna abu-abu mirip princess. Penampilannya semakin memesona dengan rambut pirang dan dagu lancipnya. Melengkapi unggahan, ibu satu anak itu justru menyapa si hacker. “Hallo Hacker!” tulisnya.

Postingan tersebut kemudian dibanjiri beragam respon warganet. Mereka ikut senang karena akun Inul kembali ke tangannya lagi. Tak sedikit pula yang menertawakan aksi hacker kelas teri yang dianggap gagal.

Image result for inul di hack

“Ah…aku sih yakin. Pasti ga lama, juga aktif lagi. Inul dilawan. Welcome again mbak Inul IG explore sepi tanpamu,” kata netter. “Bye bye hacker,” sahut yang lain.

“Pas lihat di group Fb bahwa ig nya mbak Inul Hack, langsung cek dan akhirnya udah kembali,, aduh selamat ya mbak Inul,, akun lama ku aja sudah 10k kena Hack udah galau apalagi sma mbak Inul 8,7 jt pasti galau bgt,” tambah lainnya. “Berani2nya kelas teri hack akun panutanku,” ucap netter.

Jika Akun IG Kamu Diretas, Begini Cara Mengatasinya

Menurut postingan dari akun Instagram @lambe_turah, akun milik Inul Daratista telah diambil alih oleh peretas. Nama dan foto profilenya telah diubah. Bahkan si peretas sempat melakukan live streaming lewat akun tersebut. Hal ini jelas membuat banyak follower Instagram Inul Daratista kaget.

Diduga pelakukan adalah peretas dari Turki. Terlihat dari ikon bendera Turki yang dipostingkannya saat melakukan Instagram live tersebut. Belajar dari apa yang menimpa penyanyi dangdut ternama ini, bagaimana caranya mengambil alih sebuah akun Instagram yang diretas?

Image result for calm down gif

Yang pertama-tama harus kamu lakukan adalah menenangkan diri. Jangan panik hingga gegabah melakukan tindakan yang tidak perlu. Pihak Instagram sendiri telah memberikan petunjuk bagi penggunanya jika akun tersebut diretas atau di-hack pihak tak bertanggungjawab.

Seperti apa langkah mengatasi akun Instagram diretas seperti yang dialami Inul Daratista ini? Simak beberapa langkah berikut ini yang dilansir dari HiTekno.com.

Related image

1. Masuk ke help.instagram.com lalu ke bagian menu Privacy & Safety atau Pusat Privasi dan Keselamatan dalam Bahasa Indonesia.

2. Pilih menu Report Something > Hacked Account > I Think my account has been hacked > Report it to us atau dalam Bahasa Indonesia ke menu Laporkan Sesuatu > Akun yang Dibajak > Sepertinya akun Instagram saya diretas..

Tata cara mengembalikan akun Instagram yang diretas. (Instagram)

3. Setelah itu isi pertanyaan yang ada di dalam halaman tersebut dengan sejelas-jelasnya.

4. Jika laporan ini berhasil, makan akun tersebut akan hilang dan tidak akan ditemukan meski dicari.

5. Jangan panik, jangan pula langsung membuat akun baru dengan nama yang sama. Karena bisa-bisa Instagram mengira kamu peretas.

Image result for dont do gif

6. Jangan bosan-bosan cek email, pihak Instagram akan mengirimkan email dan langkah pengembalian akun ke email yang digunakan dalam mendaftar akun tersebut.

7. Biasanya pihak Instagram akan meminta kamu menuliskan nama akun tersebut dan nama lengkap beserta kode rahasia dari mereka ke selembar kertas putih lalu foto kertas tersebut dengan wajah kamu untuk melakukan verifikasi.

8. Instagram juga akan mengirimkan email berisi form yang perlu kamu isi untuk mengembalikan akun Instagram tersebut.

Ilustrasi Instagram. (HiTekno.com)

9. Jika semua langkah-langkah tadi sudah dilakukan, kamu tinggal berabar untuk menunggu pihak Instagram membalasnya dalam beberapa hari.

Yang tidak kalah penting dalam mengembalikan akun Instagram yang diretas adalah kesabaran dan ketekunan kamu mengikuti serangkaian prosedur tadi.

Kalau kamu bingung dengan penjelasan di atas, kamu bisa nih liat tutorial videonya di bawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *