Perankan BLADE di MCU, Ini 5 Fakta Mahershala Ali, Muslim Peraih 2 Piala Oscar

Marvel Studios baru saja mengumumkan rencana perilisan film-film dan serial terbaru mereka di San Diego Comic-Con. Selain memberitahukan tentang film-film yang rilis di Fase 4 Marvel Cinematic Universe, mereka juga memberi kejutan dengan menyebut BLADE, sosok pemburu vampir segera kembali ke layar kaca bersama dengan Marvel dengan bintangnya Mahershala Ali.

BLADE sebenarnya pernah difilmkan tahu 1998 lalu dengan bintang Wesley Snipes yang dibuat hingga tiga film, yaitu BLADE II dan BLADE: TRINITY. Tapi saat itu film-filmnya bukan produksi Marvel meskipun diangkat dari komik-komiknya.

Image result for Mahershala Ali
yahoo.com

Kini BLADE versi Marvel memang belum diumumkan kapan perilisannya. Mereka hanya bilang karakter ini diperankan oleh Mahershala Ali yang pastinya sudah tak asing bagi pecinta film Hollywood. Tapi tak ada salahnya kita kenalan lebih dekat dengan sosok aktor berbakat ini!

1. Dari Beasiswa Basket Sampai S2 Akting

Mahershala Ali terlahir dengan nama Mahershalalhashbaz Gilmore. Ia lahir di Hayward, California, pada tanggal 16 Februari 1974.

Image result for mahershala ali basketball
ncaa.com

Ia adalah lulusan St Mary’s College of California jurusan Komunikasi Massa. Dia kuliah dengan mendapat beasiswa dari basket. Tapi Mahershala merasa kalau menjadi atlet bukanlah jalannya setelah melihat perlakuan buruk yang diterimanya.

Ia lalu tertarik berakting dan gabung dengan California Shakespeare Theater setelah lulus kuliah. Mahershala lalu kuliah lagi New York University mengambil program akting di Tisch School of Arts dan mendapat gelar S2 di tahun 2000.

2. Mualaf di Tahun 2000

Di tahun kelulusannya, Mahershala menjadi mualaf. Ia lalu mengganti nama belakangnya dari Gilmore menjadi Ali. Mahershala lalu bergabung dengan komunitas Muslim Ahmadiyya.

Image result for mahershala ali mualaf
kumparan.com

Mahershala sempat curhat kalau dia sempat mengalami kesulitan seperti di bandara, di bank, dan kehidupan sehari-sehari sebagai seorang muslim setelah serang teroris di September 2002.

3. Awal Karir dan Kesuksesan Dalam Berakting

Mahershala memulai karir di dunia hiburan lewat serial Crossing Jordan di tahun 2001. Ia lalu mendapat kesempatan berakting di film tahun 2003 melalui MAKING REVOLUTION. Tapi namanya baru mendapat perhatian setelah tampil di film THE CURIOUS CASE OF BENJAMIN BUTTON tahun 2008.

Image result for mahershala ali crossing jordan
themoviedb.org

Mahershala Ali semakin dikenal setelah memerankan karakter Colonel Boggs di franchise film THE HUNGER GAMES. Ia juga sukses berperan di berbagai serial seperti House of Cards, musim ketiga True Detective, dan Marvel’s Luke Cage. Mahershala pernah cerita kalau ia gagal saat ikut casting serial populer Game of Thrones.

4. Dua Kali Dapat Oscar

Akting memang benar-benar membuat Mahershala Ali sukses. Bakatnya diakui hingga ia dua kali mendapat Oscars, dari ajang Academy Awards. Ia dua kali merebut Best Supporting Actor, masing-masing lewat MOONLIGHT (2017) dan GREEN BOOK (2019).

Related image
philasun.com

GREEN BOOK juga memberikan penghargaan yang sama untuk Mahershala di ajang Golden Globe, BAFTA Awards, SAG Awards dan lainnya.

5. Juga Seorang Rapper

Selain sebagai aktor, Mahershala Ali juga seorang rapper. Ia bahkan punya sebuah album studio berjudul CURB SIDE SERVICE yang dirilis tahun 2007. Di GREEN BOOK juga ia memerankan seorang musisi jazz, menunjukkan kalau bermusik pun bagian dari bakatnya.

Image result for mahershala ali rapper
usmagazine.com

Bukti lain cintanya pada rap, ia memberi nama kucingnya dengan Nas, terinspirasi dari rapper bernama sama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *