Digadang-gadang Jadi Ketua Umum PSSI, Ini Janji Iwan Bule Saat Final Piala Indonesia

Bakal Calon Ketua Umum PSSI, Komjen Pol Mochamad Iriawan, menonton final Piala Indonesia antara Persija kontra PSM Makassar. Ia terkesima dengan pertandingan yang ia tonton. Disamping menonton, ia juga menyebutkan janji janjinya jika terpilih jadi Ketua Umum PSSI. Apa saja?

Calon Ketua Umum PSSI, Komjen Pol Mochamad Iriawan, menyaksikan final Piala Indonesia, Persija Jakarta melawan PSM Makassar. Dia terkesan dengan kinerja wasit.

Laga leg pertama Persija dengan skor 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (21/7/2019). Ryuji Utomo menjadi pahlawan bagi Macan Kemayoran.

Image result for iwan bule pssi
(Liputan 6)

Iwan menilai pertandingan tersebut tak lepas dari kepemimpinan wasit Dwi Purba. Dia bahkan telah mencatat nama wasit tersebut.

“Pertandingan tadi cukup bagus dan berjalan fair play. Wasit tadi namanya sudah kami catat sebagai catatan kami bila kami terpilih dia menjadi wasit yang baik,” kata Iwan saat ditemui usai laga.

Caketum PSSi M Iriawan menonton laga final Piala Indonesia (Amalia Dwi Septi/detikSport)
(Detik)

Kinerja wasit disebut menjadi salah satu fokus utamanya jika terpilih menjadi Ketum PSSI. Wasit akan semakin bagus, apabila juga digembleng dengan kepelatihan.

“Memang mempersiapkan wasit ini menjadi visi misi kami. Dimana kmi mau mempersiapkan wasit yang lebih profesional dan membuat pertandingan sepak bola lebih dicintai,” sambungnya.

Iwan Bule juga terkesan dengan kehadiran suporter di SUGBK. Suporter Persija bisa berbaur bersama ribuan fans PSM yang berada di tribun sisi barat daya stadion.

Bakal Calon Ketum PSSI, M Iriawan, sedang memaparkan programnya (Amalia Dwi Septi/detikSport)
(Detik)

“Ini contoh pertandingan yang bagus. Saya berharap, mungkin dari sini dimulai dan menelurkan ke semua pertandingan di Indonesia. Jumlah penonton sampai 73 ribu sekian. Menarik sekali pertandingan sepak bola Indonesia.”

“Kalau begini dijalankan, pertandingan aman dan fair play. Suporter tertib dibanding dulu-dulu. Mudah-mudahan awal baik untuk persepakbolaan Indonesia.”

Iwan menambahkan dia berencana akan membentuk sebuah departemen untuk membuat suporter klub Indonesia. Dia ingin melihat seluruh suporter damai dan bersatu.

“Ini jadi salah satu mimpi saya. Saya sampaikan, akan membuat dalam kepengurusan salah satu direktorat pembinaan fans dan suporter. Kemudian saya juga akan meminta pihak terkait lain mengadopsi yang sama dengan kami mulai dari bawah dululah kira-kira,” demikian dia.

Janji Jika Terpilih

Bakal Calon Ketua Umum PSSI, Komjen M Iriawan, kembali melanjutkan kampanye di depan pemilik suara. Kali ini dia menjanjikan jadwal kompetisi yang lebih rapi.

Wacana tersebut disampaikan oleh pria yang akrab disapa Iwan Bule itu lewat program ngobrol bareng Bang Iwan Bule Hotel Atlet Century, Jakarta, Jumat (19/7/2019). Program ini merupakan kali keempat, setelah sebelumnga digelar di Bandung, Jawa Barat, Semarang, Jawa Tengah, Surabaya, Jawa Timur, dan Jakarta.

Image result for iwan bule pssi
(Tribun)

Untuk Jakarta, ada dua sesi yakni berjumpa Asprov asal Indonesia timur dan pertemuan kedua Asprov asal DKI Jakarta serta Indonesia Barat. Hadir dalam diskusi ini perwakilan dari Asprov DKI Jakarta, Banten, Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kep. Riau, Jambi, Riau, Bengkulu, Bangka Belitung dan Lampung.

Selain itu beberapa klub juga hadir, seperti Persija Jakarta, Perserang Serang, Persita Tangerang, Cilegon United, Persiraja Banda Aceh, Semen Padang, Solok FC, PSPS Riau, PSMS Medan, Babel United, dan Perseru Badak Lampung FC.

Iwan Bule mengaku persoalan jadwal kompetisi menjadi salah satu fokus utamanya. Sebab, dia merasa tergugah karena selama ini melihat jadwal kompetisi sangat berantakan.

“Akibatnya, banyak jadwal maju mundur, tidak jelas. Harusnya kalau jadwal ini dibahas sejak setahun sebelum kompetisi mendatang digelar,” ungkap Iwan.

Untuk memastikan jadwal berjalan lancar, Iwan berencana membentuk direktorat khusus yang menangani jadwal dan perizinan kompetisi. Nantinya komunikasi dilakukan dengan Kamtibmas dari kepolisian sehingga jadwal bisa jelas dari setahun sebelumnya.

Image result for iwan bule pssi
(Tribun)

“Kami akan concern di sini, karena sponsor butuh kepastian. Kalau ini bagus, pasti, kami yakin lebih banyak sponsor yang siap mendukung kemajuan kompetisi sepak bola Indonesia, membawanya ke arah industrialisasi,” kata pria yang kini menjabat sebagai Sestama Lemhanas tersebut.

Sebelumnya, eks Kapolda Metro Jaya itu juga menekankan perhatian terhadap kompetisi. Dia berjanji menaikkan uang subsidi kepada klub-klub di Liga 1 senilai Rp 15 miliar dan Rp 5 miliar untuk klub Liga 2.

“Kalau dikelola dengan baik, diprogramkan dengan matang, kami yakin itu bisa tercapai,” tuturnya.

Sambutan para voter peserta diskusi bareng pun luar biasa. Banyak yang curhat kepada Iwan Bule karena dinilai bisa menyelesaikan masalah yang selama ini dirasakan oleh klub.

“Kami sepakat, karena pak Iwan punya ide bekerja sama dengan salah satu maskapai. Ada potongan tiket, ini sangat berharga bagi kami yang ada di Aceh,” kata salah satu voter disambut tepuk tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *