Jokowi: Sampai Detik Ini, Anak-anak Saya Tidak Tertarik Dunia Politik, Yakin Nih?

jitunews.com

Dalam sejarah perpolitikan di Indonesia, sejumlah putra-putri Pesiden terlibat dalam politik praktis. Saat wawancara eksklusif dengan Tim Tribun Network, Presiden Jokowi membeberkan sikap keluarganya terkait terjun ke dunia politik praktis, hmm yakin gak nih?

Presiden Joko Widodo mengaku tak pernah memaksa anak-anaknya untuk terjun ke dunia politik. Namun, Jokowi juga tak akan melarang jika suatu saat nanti anaknya tiba-tiba ingin maju di pemilihan kepala daerah.

“Kalau tahu-tahu besok pagi bilang, ‘Pak saya kepingin jadi wali kota’. Siapa tahu. Minggu depan bilang, ‘Pak saya siap jadi wali kota.’ Kalau ditanya itu, saya akan bilang, ya jadi saja,” kata Jokowi dalam wawancara ekslusif dengan Tribunnews.com, Kamis (18/7/2019).

Presiden Joko Widodo beserta keluarga berbelanja di Pasar Gede Solo, Minggu (9/6/2019).
nasional.kompas.com

Jokowi menegaskan bahwa ia menyerahkan kepada anak-anaknya untuk menentukan pekerjaan dan karier masing-masing.

Jokowi melihat dua puteranya saat ini, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, masih asyik menggeluti bisnis kuliner mereka. Gibran lebih dulu terjun ke bisnis kuliner, salah satunya lewat martabak Markobar.

Hasil gambar untuk gibran markobar
finance.detik.com

Sementara itu, adiknya, Kaesang Pangarep memiliki produk andalan pisang nugget Sang Pisang. Belakangan, keduanya bahkan berkolaborasi dengan juri Master Chef, Chef Arnold, dan mendirikan bisnis rice bowl Mangkok Ku.

Hasil gambar untuk mangkok ku kaesang
kumparan.com

“Sampai detik ini, saya melihat anak-anak saya tidak tertarik ke dunia politik. Gibran, Kaesang, maupun yang lain senangnya di dunia usaha,” kata Jokowi.

Namun, Jokowi mengakui tidak menutup kemungkinan anak-anaknya suatu saat nanti mengubah haluan dan banting setir ke dunia politik.

Jokowi dulunya adalah pengusaha mebel. Belakangan, ia terjun ke politik dan mencalonkan diri sebagai wali kota solo. Sejak saat itu, karir politiknya terus moncer hingga akhirnya Jokowi terpilih menjadi presiden dua periode.

Blak-blakan Jokowi Seusai Temu dengan Prabowo : 'Anak Saya Tak Ada yang Tertarik Politik'
tribunnews.com

“Kalau tahu-tahu mereka ada yang bilang, ‘Pak saya siap untuk ikut pilkada,’ saya bilang maju saja. Itu jawaban saya,” kata Jokowi.

Melansir dari Kompas.com, Gibran Rakabuming Raka membeberkan rintisan bisnisnya.

Menjadi pengusaha katering dan membuka usaha martabak, merupakan pilihan hidup Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo.

Mandiri, Itu alasan Gibran memilih menjadi pebisnis.

Hasil gambar untuk gibran markobar
merdeka.com

“Karena saya ingin mandiri,” ujar Gibran saat wawancara eksklusif dengan Kompas.com, di Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/8/2017).

Ia tak ambil pusing jika pilihannya berbisnis dianggap berbeda dengan anak pejabat kebanyakan di Indonesia.

Gibran mengaku nyaman menjalaninya.

Hasil gambar untuk mangkok ku kaesang
food.detik.com

Meskipun, kata Gibran, pilihan hidupnya bertolak belakang dengan keinginan sang ayah.

Menurut dia, Jokowi ingin Gibran meneruskan usaha mebel yang sudah cukup besar. Namun, ia menolaknya.

“Tapi ya itu tadi, saya pingin mandiri saja,” lanjut dia.

Tahun 2010, Gibran mulai merintis perusahaan katering bernama Chili Pari dengan modal yang didapatkannya dari pinjaman bank, bukan dari ayahnya yang kala itu masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *