Nunung Terlibat Kasus Narkoba, Polisi: Kami Tidak Targetkan Profesi Tertentu!

detik.com

Kepolisian memastikan bahwa pihaknya tidak menargetkan profesi tertentu dalam penindakan kasus narkotika. Tim fokus bekerja untuk mengungkap segala kasus.

Hal itu disampaikan Kepala Subdirektorat 1 Direktorat Reserse dan Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, terkait penangkapan komedian Nunung atau Tri Retno Prayudati dan suaminya July Jan Sambiran atau Iyan Sambiran. Keduanya ditangkap dengan sangkaan menggunakan narkotika jenis sabu.

 

(Kompas.com)

 

“Kita tidak pernah menyasar, menarget profesi-profesi tertentu atau oknum-oknum tertentu,” kata Calvijn dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Calvijn menjelaskan, awalnya pihaknya mendapat informasi maraknya peredaran narkotika di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Informasi yang diterima, narkoba diedarkan HD. Tim kemudian membuntuti HD di kawasan Tebet. Saat itu, polisi melihat HD menyerahkan sesuatu barang kepada seseorang di luar pagar rumah di Jalan Tebet Timur.

“Rumahnya kita tidak tahu milik siapa dan diserahkan kepada siapa,” ujar Calvijn.

Setelah itu, polisi mengamankan HD. Saat digeledah, ditemukan ponsel dan uang Rp 3,7 juta di dompet.

Saat diinterogasi, HD awalnya mengaku uang tersebut terkait transaksi perhiasan. Belakangan, tersangka mengaku baru melakukan transaksi narkotika. Tim kemudian menggeledah rumah di Jalan Tebet Timur. Saat itu tim mengetahui bahwa rumah tersebut milik Nunung.

 

(Tribunnews.com)

 

Menurut Calvijn, awalnya Nunung tidak mengakui habis bertransaksi sabu. Kepada polisi, Nunung mengaku baru bertransaksi perhiasan.

“Kita lanjutkan (pertanyaan) perhiasan apa, harga berapa, itu tidak bisa disampaikan,” ujarnya. Belakangan, Nunung mengaku menggunakan sabu. Di dalam rumah, ada sabu seberat 0,36 gram. Adapun sabu seberat 2 gram yang baru dibeli, langsung dibuang Nunung ke kloset setelah mengetahui kedatangan polisi.

 

 

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Komisaris Besar Herry Heryawan menyebut Tri Retno Prayudati alias Nunung Srimulat sudah mengkonsumsi narkoba jenis sabu sejak 20 tahun lalu. Hal itu terungkap saat penyidik memeriksa Nunung secara intensif.

“Itu menurut Nunung sendiri,” kata Herry lewat pesan pendek, Ahad 21 Juli 2019.

Herry enggan menjelaskan lebih detil hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan sejak Nunung ditangkap pada Jumat siang 19 Juli 2019 tersebut. Polda Metro Jaya telah mengagendakan pemberian keterangan Senin 22 Juli 2019 terkait kasus yang sama.

 

(Tribunnews.com)

 

Komedian Nunung ditangkap bersama suaminya, July Jan Sembiran, serta tersangka kurir sabu Hadi Moheryanto alias Tabu. Dari hasil penggeledahan di lokais penangkapan di rumah Nunung di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, polisi menemukan barang bukti di antaranya satu klip sabu 0,36 gram. 

Saat itu Nunung mengaku terjerat narkoba lima bulan ke belakang dengan alasan menambah stamina saat bekerja. Sepanjang itu dia mengatakan membeli sabu dari Tabu sebanyak sepuluh kali seharga Rp 1,3 juta per gram. Ketika ditangkap, mereka baru saja selesai bertransaksi. Hasil tes urine menegaskan mereka semua positif mengonsumsi sabu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *