Amien Ingin Aspirasi PA 212 Diakomodir Jokowi, Drajad Nilai Ini Logis dan Bijak

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais ingin agar aspirasi Persaudaraan Alumni (PA) 212 diakomodasi oleh pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Hal itu dijelaskan oleh Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad Wibowo terkait pernyataan Amien Rais terkait rekonsiliasi dengan pembagian kursi 55:45.

Dradjad menjelaskan bahwa pembagian komposisi 55:45 tersebut didasarkan pada persentase perolehan suara Pilpres 2019. “Artinya, nanti 55 ditambah 45 sama dengan 100 persen, itu bersama-sama membantu Pak Jokowi dan Pak Ma’ruf sebagai Presiden dan Wapres,” jelas Dradjad.

Adapun platform aspirasi 212 telah menjadi bagian dari visi misi Prabowo dan Sandiaga Uno. Pada September 2018 lalu, Prabowo sempat menandatangani poin pakta integritas hasil ijtima ulama dan tokoh nasional II.

“Pak Amien itu salah satu penasihat alumni 212. Platform perjuangan jemaah 212 sudah dimasukkan ke dalam visi misi Prabowo-Sandi. Karena itu sangat logis jika pak Amien meminta platform perjuangan Prabowo dan pendukungnya dimasukkan oleh pak Jokowi sebagai bagian dari platform nasional,” katanya.

Image result for Aspirasi 212 amien rais

Salah satu poin berbicara tentang menjaga kekayaan alam nasional demi kemakmuran bangsa serta mewujudkan kedaulatan pangan. Ada pula poin yang membahas agar keadilan ditegakkan khususnya bagi para ulama yang disangkakan. Dengan mengikutsertakan aspirasi tersebut pada pemerintahan maka rekonsiliasi antar platform bisa terwujud.

“Karena itu sangat logis jika Pak Amien meminta platform perjuangan Prabowo dan pendukungnya dimasukkan oleh Pak Jokowi sebagai bagian dari platform nasional,” ujar Dradjad.

Dradjad tidak menjelaskan secara spesifik mengenai aspirasi PA 212 yang ia maksud. Namun, seperti diketahui, pada September 2018 Prabowo menandatangani 17 poin pakta integritas hasil ijtima ulama dan tokoh nasional II.

Beberapa poin pakta integritas antara lain menjaga kekayaan alam nasional untuk kepentingan sebesar-besar kemakmuran rakyat Indonesia, menjamin kehidupan yang layak bagi setiap warga negara untuk dapat mewujudkan kedaulatan pangan, serta ketersediaan sandang dan papan.

Related image

Ada pula soal hak konstitusional dan atributif yang melekat pada jabatan presiden untuk melakukan proses rehabilitasi, menjamin kepulangan, serta memulihkan hak-hak Rizieq Shihab sebagai warga negara Indonesia.

Selain itu, memberikan keadilan kepada para ulama, aktivis 411, 212, dan 313 yang pernah disangkakan. Penegakan keadilan juga perlu dilakukan terhadap tokoh-tokoh lain yang mengalami penzaliman.

“Artinya, akan terjadi ‘Rekonsiliasi Platform’ antara ‘Platform Jokowi’ dan ‘Platform Prabowo’. Bagaimana rinciannya? Tentu perlu tim ahli dari kedua pihak untuk merumuskannya.”

“Ketiga, soal 55:45 itu adalah ijtihad berdasarkan perhitungan suara versi KPU dan keputusan MK. Jangan lupa, meski menghormati keputusan lembaga negara, banyak pendukung Prabowo-Sandi yang meyakini itu bukan cerminan kebenaran dan keadilan. Akan tetapi karena yang resmi adalah angka tersebut, ya harus dirujuk,” katanya.

Image result for Aspirasi 212 amien rais

“Jika tidak disetujui, ya tidak masalah. Solusi dari pak Amien itu kan merespons keinginan Pak Jokowi dan tim beliau,” lanjut Drajad.

Sebelumnya, Amien menyatakan bahwa ada dua syarat rekonsiliasi, yakni diterimanya ide kubu Prabowo serta pembagian kursi pemerintahan sebesar 55:45. Menurutnya, rekonsiliasi harusnya didasarkan pada kesamaan program termasuk kedaulatan pangan, energi, tanah, dan air. Jika syarat ini tidak bisa dipenuhi maka pihaknya akan memilih menjadi oposisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *