Niat Berikan Semangat, Spanduk SMAN 14 Surabaya Malah Bertuliskan ‘Prestasi: No’

(kompas.com)

Baru-baru ini viral di media sosial unggahan sebuah foto spanduk di sebuah sekolah dengan jargon-jargon penyemangat. Tapi, ada satu hal yang menjadi janggal dan aneh. Kepala SMAN 14 Surabaya itu pun mengonfirmasi jika spanduk yang terpasang merupakan salah cetak. Wah, memang tulisan seperti apa sih?

Sebuah foto spanduk sekolah milik SMAN 14 di Surabaya mendadak jadi perbincangan warganet. Spanduk itu salah satunya menuliskan kata ‘prestasi’ yang diteruskan kata ‘No” setelahnya.

Kutipan lengkap isi spanduk adalah ‘Rokok No, Narkoba No, LGBT No, Sex Bebas No, Prestasi No. Di bawah tulisan SMA Negeri 14 Surabaya tertulis Generasi Siap Cerdas, Smart, Berkarakter Hebat Berakhlaqul Karimah”, seperti yang dilansir dari detik.com, Senin (22/7/2019).

Di media sosial, spanduk tersebut viral dan menjadi meme karena kalimat “Prestasi No”. Foto spanduk itu kemudian menjadi ramai komentar dan menyebar.

Detikcom mendatangi sekolah terkait dan menanyakan kebenaran perihal spanduk tersebut. Pihak sekolah menyatakan bahwa benar bahwa foto spanduk itu milik SMAN 14.

“Benar, itu kejadiannya hari Jumat. Ada salah tulis di spanduk,” ujar Kepala SMAN 14 Muntiani seperti yang dikutip dari detikcom, Senin (22/7/2019).

Lebih lanjut, Muntiani mengatakan spanduk salah tulis itu jadi viral berawal dari siswa iseng yang memotret dan kemudian mem-postingnya ke media sosial.

(kompas.com)

“Tapi yang kadung dijepret itu, namanya anak diposting di instagram. Di instagram ditampani (dilanjutkan) orang lain yang tidak bertanggungjawab di facebook,” tandas Muntiani.

Setelah mengunggah foto tersebut diunggah ulang oleh akun Twitter bernama @KatolikG, foto spanduk itu langsung viral.

“Say NO to Prestasi!
Say YES to… 😀,” kata akun @KatolikG.

Netizen pun langsung ikut memberi komentar-komentar yang lucu.

“Salah cetak kok ya dipasang lho😆😆,” kata akun @one_bangun.

(kumparan.com)

“Kasihan anak2 disekolahan tapi sekolahe menjamin No Prestasi ckckck…..😱,” tutur @ogie_hernoko.

“Prestasi bukan cuma sekadar pinter akademik. Mungkin itu maksudnya. Tapi yaudah lah ini lucu. Untuk @a_gnostik ditunggu kelucuan anda,” jelas akun @arfugang.

Akun @indrayust, ikut menjawab, “Pasti yes kalau sama mas anang.”

“Ini saking2nyaaaa copy paste … Trus kebawaaa,” kata akun @ilyminniemouse9.

Sebelumnya, dunia media sosial juga dibuat heboh dengan beredarnya foto penampakan tangga untuk perempuan dan laki-laki dipisah. Tangga tersebut diduga berada di SMPN 44 Jakarta.

Foto tersebut kali pertama diunggah oleh akun Twitter @bukandigembok. Sejak diunggah, foto tersebut mendadak viral dan menjadi sorotan warganet.

“Ada yang keren di Jakarta. SMPN 44 Jakarta SMP syariah, tangga laki-laki sama tangga perempuan. Hidup Indonistan,” klaim akun itu seperti dikutip dari Suara.com.

Ada dua foto yang diunggah oleh akun tersebut. Dalam foto tersebut tampak pengumuman bertuliskan “Tangga Perempuan” di bagian depan pintu menuju tangga.

Pada tangga terpisah, tampak pula tulisan “Tangga Laki-laki” di bagian pintu menuju tangga. Di bagian bawah tulisan tersebut tertulis “SMP Negeri 44 Jakarta”.

Sementara itu, menurut Kepala SMP Negeri 44 Jakarta, pemisahan itu dilakukan untuk mengatur pergerakan siswa setelah berwudu. Sehingga mereka tidak bersinggungan satu sama lain yang bisa membatalkan wudunya.

(wartakota.com)

“Ketika wudu selesai, biasa anak SMP suka iseng, karena suka iseng, kami arahkan pergerakan setelah wudu. Jadi kami tempel (poster pengumuman) itu, anak itu mengikuti,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana SMPN 44 Hoensen Simanjuntak seperti yang dilansir dari Kompas.com.

Nah, bagaimana menurut kamu tentang artibut sekolah yang viral di media sosial? Tulis komentar kamu di bawah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *