Anies Baswedan Keluar Negeri Tiap Minggu, Kapan DKI Punya Wagub?

(pepnews.com)

Anies Baswedan diketahui sering berpergian ke luar negeri beberapa waktu ini. Meski dirinya mengatakan kepergiannya ke sana demi kota Jakarta. Namun, DKI Jakarta terlalu sering ditinggal tanpa pemimpin. Seperti yang diketahui jika DKI Jakarta saat ini hanya dipimpin Anies Baswedan semenjak sang wakil Sandiaga Uno maju di Pilpres 2019.

Melihat hal tersebut membuat Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo resah akan kondisi DKI Jakarta yang sering kehilangan sosok pemimpin.

Dirinya menyinggung sejumlah kunjungan Gubernur Jakarta Anies Baswedan ke luar negeri. Menurutnya, Anies kerap berpergian ke luar negeri meski saat ini Jakarta tidak memiliki wakil gubernur.

suara.com

Untuk diketahui, Anies baru saja melakukan lawat ke Kolombia dan Amerika Serikat selama lebih dari sepekan. Anies berkunjung ke tiga kota, yakni Medellin, New York, dan Washington DC untuk menghadiri sejumlah acara.

(kontan)

“Ya sebagai contoh Pak Anies ya. Dia enggak ada wakil, tapi satu tahun berapa kali dia (ke luar negeri) hampir sebulan dua tiga kali. Ada lho gubernur hampir tiap minggu izin ke luar negeri ada,” ucap Tjahjo di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Saat ini, Kemendagri telah mengeluarkan Surat Edaran perjalanan luar negeri kepala daerah dengan Nomor 009/5546/SJ.

tempo.co

Tjahjo kemudian mengatakan banyak gubernur yang sering berpergian ke luar negeri. Tjahjo pun mengaku kesulitan untuk mencegahnya. Sebab banyak alasan dari Pemda.

“Dasarnya ada juga beberapa kepala daerah yang asal pergi. Asal pergi, tidak mengajukan izin. Kan enggak enak, kami ditanya bapak presiden,” ujar Tjahjo.

kompas.com

Menurut Tjahjo, Kemendagri tak melarang kepala daerah untuk berpergian ke luar negeri dengan maksud menghadiri acara apapun untuk mencari pengalaman.

Kendati demikian jika kepala daerah diizinkan ke luar negeri, harus jelas urgensinya.

“Kalau kita enggak diizinkan ya salah. Namanya cari ilmu, namanya undangan. Tapi kalau diizinkan ya kok tiap minggu,” tutur Tjahjo.

tempo.co

Ketika ditanya kepala daerah mana yang kerap berpergian ke luar negeri setiap minggu, Tjahjo tidak menjawab. Politikus senior PDI Perjuangan itu hanya tersenyum.

(tempo.co)

Mendagri Tjahjo Kumolo meminta pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta dipercepat. Alasannya menurut dia, meskipun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selama ini dibantu pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD), kewenangan SKPD tak setara dengan wagub.

“Beda wakil gubernur dengan deputi, beda dengan sekda. Alangkah baiknya kalau segera diproses, tetapi kan enggak bisa maksa, kewenangan penuh DPRD,” ujar Tjahjo

Hal ini lantaran rapat pimpinan gabungan (rapimgab) untuk membahas tata tertib (tatib) pemilihan beberapa kali dibatalkan. Sidang paripurna pemilihan wagub sebelumnya dijadwalkan pada 22 Juli ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *