Kepala BIN Punya Peran dalam Rekonsiliasi, Puan Maharani: Beliau Kerja Senyap!

Rekonsiliasi Joko Widodo (Jokowi) – Prabowo Subianto terus menjadi isu yang dibahas hingga hari ini. Hal tersebut santer terdengar pasca Jokowi dan Prabowo bertemu di MRT Lebak Bulus. Ada pun tokoh dibalik pertemuan itu adalah Kepala BIN Budi Gunawan. Menurut Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani, saat ini Budi sedang kerja senyap demi rekonsiliasi.

Puan Maharani menilai Budi Gunawan mempunyai peran tersendiri dalam dinamika politik nasional, beberapa waktu terakhir. Puan mengakui bahwa peran itu dilakukan Budi Gunawan tidak dalam sorotan orang banyak.

“Pak Budi Gunawan sebagai Kepala BIN punya peran tersendiri, kerja senyap,” kata Puan usai menjadi salah satu pembicara kunci di Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (26/7/2019), sebagaimana dikutip dari Antara.

(kompas.com)

Lebih lanjut, melalui kerja senyap, mantan Wakil Kepala Polri tersebut menjadi salah satu sosok kunci dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, beberapa waktu lalu.

(antara.com)

Selain itu, Budi juga jadi sosok kunci pertemuan Prabowo dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Ketika ditanya apakah Budi Gunawan layak juga disebut sosok rekonsiliator atau pemersatu, Puan meminta masyarakat melihat kembali sepak terjang Budi ke depannya.

(poskotanews.com)

Menurut Puan yang menjabat Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, saat ini Indonesia memang membutuhkan sosok pemersatu, siapapun orangnya.

Diketahui, Budi Gunawan disebut sebagai sosok yang turut menyukseskan pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Prabowo seusai Pilpres 2019. Jokowi dan Prabowo bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019).

(niaga.asia)

Setelah itu, mereka melakukan konferensi pers bersama di Stasiun MRT Senayan, dan dilanjutkan dengan makan siang. Pertemuan itu ditunggu-tunggu publik setelah persaingan yang sengit di pilpres, Jokowi dan Prabowo akhirnya bertemu.

Tidak hanya itu, Budi juga terlihat dalam pertemuan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo di kediaman Megawati, Menteng, Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Kehadiran Budi ini menjadi sorotan lantaran ia pejabat negara. Budi Gunawan juga tidak tercatat sebagai kader PDI-P.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Jokowi memang menugaskan Budi untuk membangun komunikasi dengan pihak-pihak yang berseberangan seusai Pilpres 2019. Salah satu pihak yang didekati Budi Gunawan ialah Prabowo Subianto.

“Namanya badan strategis (BIN). Tapi Pak Budi Gunawan kan setelah keputusan KPU ditetapkan itu membangun (komunikasi). Dan itu juga sudah penugasan presiden,” kata Hasto di kediaman Megawati, Menteng, Jakarta, Rabu, seperti yang dilansir dari Kompas.com, Jumat (26/7/2019).

Di sisi lain, Budi Gunawan juga pernah menjadi ajudan saat Megawati menjabat sebagai presiden. Ia menambahkan, peran Kepala BIN dalam menyatukan pihak yang berseberangan saat pilpres bukan sekali ini saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *