Gak Cuma NasDem, Partai Ini Juga Ikutan ‘Lirik’ Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

kompas.com

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyambut baik sikap Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh yang siap mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden tahun 2024 mendatang. Anies saat ini menjabat Gubernur DKI Jakarta. Dia juga pernah menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan era pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Kita memaknainya positif aja lah,” ujar Politisi PPP, Arsul Sani, Minggu (28/7), seperti yang dilansir melalui pojoksatu.id.

Anggota Komisi III DPR ini, menilai ungkapan Paloh bukanlah sesuatu yang keliru untuk ditafsirkan ke depan. Menurutnya, Paloh didukung oleh UUD 1945 bahwa jabatan presiden hanya boleh ditempati orang yang sama maksimal dua periode.

Hasil gambar untuk anies baswedan nasdem
tribunnews.com

“Kan asumsinya dengan ketentuan UUD bahwa Presiden itu hanya dua kali menjabat saja, maka kan 2024 artinya terbuka,” ungkap Arsul.

Dukungan dari Paloh disampaikan langsung kepada Anies saat menyambangi Kantor DPP Nasdem, Gondangdia, Jakarta, Rabu (24/7) lalu. Secara khusus Surya Paloh mengundang makan siang Anies Baswedan. Selepas makan siang di hadapan awak media kedua tokoh tersebut saling mengumbar kemesraan dan pujian.

Bertemu Anies Baswedan, Paloh: Saya Ingatkan Soal Pluralisme

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh mengaku menyampaikan sejumlah pesan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mereka bertemu di kantor Dewan Pimpinan Pusat NasDem, Gondangdia, Jakarta pada Rabu siang, 24 Juli 2019.

Hasil gambar untuk anies baswedan nasdem
liputan6.com

“Saya bilang dia harus menjadi milik semua orang. Saya ingatkan juga soal pluralisme,” ujar Surya Paloh dalam wawancara, pada Rabu (24/7) lalu, seperti yang dilansir melalui tempo.co.

Surya Paloh juga mengaku mengingatkan Anies soal gubernur daerah khusus yang terpilih melalui proses demokrasi, soal latar belakangnya sebagai akademikus dan intelektual. Selain itu, Surya juga mengingatkan Anies soal perjuangan ayah dan kakeknya untuk bangsa ini.

Hasil gambar untuk anies baswedan nasdem
tirto.id

Kakek Anies Baswedan adalah Abdurrahman Baswedan, seorang pahlawan nasional. Semasa hidupnya, dia dikenal sebagai seorang nasionalis, jurnalis, pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat, mubaligh, dan juga sastrawan Indonesia.

A.R. Baswedan pernah menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Wakil Menteri Muda Penerangan RI pada Kabinet Sjahrir, Anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP-KNIP), Anggota Parlemen, dan Anggota Dewan Konstituante. Sementara ayah Anies Baswedan, Rasyid Baswedan adalah seorang dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Hasil gambar untuk anies baswedan nasdem
kompas.com

Selama ini, Anies Baswedan dicitrakan dekat dengan kelompok Islam, terutama usai Pilgub DKI 2017 lalu. Ketika itu, Anies Baswedan menang melawan calon inkumben Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang tersandung kasus penistaan agama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *