Ma’ruf Amin Akui Tak Beri Masukan Calon Menteri, Sekjen PPP Malah Respons Begini

(kumparan.com)

Wakil presiden terpilih Ma’ruf Amin, sebelumnya pernah mengatakan tak memberikan rekomendasi nama-nama calon menteri kepada Presiden Joko Widodo untuk periode pemerintahan 2019-2024. Namun hal ini langsung diberi tanggapan keras oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP, Arsul Sani.

Menurutnya saat ini Presiden Jokowi masih dalam tahap menerima masukan komposisi kabinet. Ma’ruf serta Partai politik pengusung akan dilibatkan dalam penentuan komposisi kabinet.

(Tribunnews.com)

“Bahwa Kiai Ma’ruf Amien tidak dilibatkan dalam penyusunan kabinet adalah keliru. Saat ini soal kabinet itu Pak Jokowi baru pada tahap menerima masukan atau usulan,baik terkait dengan postur kabinet maupun calon menteri. Jadi masih polling input, belum dibahas apalagi diputuskan.”

“Saya yakin kalau sudah pada tahap pembahasan maka baik Parpol maupun Wapres terpilih tentu akan diajak rembukan oleh Pak Jokowi,” kata Arsul kepada wartawan, Rabu (31/7), seperti yang dilansir dari tribunnews.com.

Selama ini menurut Arsul, Ma’ruf selalu berkomunikasi dengan Jokowi terkait kabinet ke depan. Ma’ruf memberikan masukan kepada Jokowi mengenai bagaimana struktur serta komposisi kabinetnya nanti.

“Tentu Pak Kiai Ma’ruf juga menyampaikan masukan yang diterima beliau kepada Pak Jokowi,” katanya.

Arsul yakin, tidak hanya memberikan masukan saja, Ma’ruf Amin juga mengusulkan sejumlah nama untuk duduk di kabinet pemerintahan nanti. Karena menurutnya, Jokowi mempersilahkan kepada Partai pendukung serta relawan untuk menyodorkan nama calon menteri.

“Saya tidak tahu persis, tapi kalau Pak Jokowi saja mempersilakan kelompok-kelompok relawannya boleh usulkan calon menteri, masak Wapres-nya tidak boleh,” pungkasnya.

(detik.com)

Sebagai informasi, Ma’ruf Amin mengatakan bahwa semua keputusan terkait menteri ada di tangan Jokowi selaku presiden. Ma’ruf mengatakan Jokowi memiliki hak sendiri untuk menyeleksi siapa saja yang pantas menemani keduanya pada periode pemerintahan berikutnya.

“Enggak [beri rekomendasi]. Itu kan Pak Jokowi yah, hak prerogatif presiden yang menyeleksi,” kata Ma’ruf ditemui di Gedung MUI Pusat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (23/7), seperti yang dilansir dari cnnindonesia.com.

Ma'ruf Amin Tak Beri Masukan Jokowi soal Calon Menteri
(cnnindonesia)

Dia mengatakan hingga saat ini belum ada pembicaraan apapun antara dirinya dengan Jokowi terkait nama-nama menteri. Ma’ruf pun memaklumi sebab menurutnya Jokowi masih menerima rekomendasi dari beberapa pihak soal nama menteri itu.

“Belum, Pak Jokowi sendiri kan baru terima masukan,” kata dia.

(Tribunnews.com)

Ma’ruf menyatakan tak akan memberi masukan apapun soal menteri ini. Selain memberi hak seluruhnya pada presiden, Ma’ruf mafhum soal masukan atau rekomendasi itu hanya keluar dari partai pendukung dan dari beberapa kelompok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *