Prabowo Dikabarkan Akan datang ke Kongres PDI-P, Dahnil: Beliau Hormati Bu Megawati

Kabar bahwa Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto yang akan menghadiri kongres kelima PDI Perjuangan (PDI-P) semakin membuat rakyat Indonesia penasaran. Adapun langkah hadirnya Prabowo adalah untuk menghormati Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDI-P

Juru Bicara (Jubir) Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Prabowo memang sempat diundang secara lisan oleh Megawati untuk menghadiri kongres PDI-P tersebut.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) berpamitan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) usai menggelar pertemuan tertutup di Jakarta, Rabu (24/7/2019). Pertemuan kedua tokoh nasional bersama sejumlah elit Partai Gerindra dan PDI Perjuangan tersebut dalam rangka silaturahmi pasca Pemilu Presiden 2019.
kompas.com

Namun hingga saat ini, katanya, belum ada undangan resmi yang masuk kepada Prabowo. Apabila undangan resmi sudah diterima, ia mengatakan bahwa Prabowo akan menghadirinya.

tagar.id

“Beliau menghormati Bu Megawati,” ujar Dahnil kepada Kompas.com, Jumat (2/8/2019). Tidak hanya kepada Megawati, menurutnya, apabila Prabowo diundang oleh tokoh politik lain, hal yang sama juga akan dilakukan. “Diundang Pak Surya Paloh misalnya, atau diundang Ustadz Salim Asegaf atau Pak Amien Rais, tentu beliau bila tidak berhalangan akan datang,” katanya.

Adapun kongres kelima PDI-P, akan digelar pada 8-11 Agustus 2019 di Hotel Inna Grand Bali Beach. Kongres tersebut mengambil tema “Solid Bergerak untuk Indonesia Raya” dengan sub tema mewujudkan PDI-P sebagai partai pelopor. Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristyanto menyebutkan, Prabowo akan menghadiri kongres tersebut.

“Prabowo ketika pertemuan dengan Ibu Megawati Soekarnoputri sudah menyatakan bahwa beliau akan hadir di kongres,” ujar Hasto saat konferensi pers di Kantor DPP, PDI-P, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2019).

Dalam kongres tersebut, sejumlah tokoh akan hadir, antara lain Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, sebagian menteri kabinet saat ini, Wakil Presiden Terpilih Ma’ruf Amin, tokoh agama, hingga politisi senior PDI-P.

Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto
republika.co.id

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, menyatakan Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto, akan hadir pada Kongres V PDIP di Bali, 8-11 Agustus 2019.

“Pak Prabowo ketika pertemuan bersama ibu Megawati Soekarnoputri sudah menyatakan bahwa beliau akan hadir. Tentu saja para ketua umum partai Koalisi Indonesia Kerja kami undang,” kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (1/8).

Hasto Kristiyanto mengatakan, undangan kepada Prabowo Subianto untuk menghadiri kongres partai tersebut bukan untuk membahas koalisi. Hasto menegaskan, tidak semua pertemuan harus dikait-kaitkan dengan ‘bagi-bagi kursi’.

“(Koalisi) Kan nanti diputuskan oleh Presiden. Tetapi, kan ruang dialog terus dibuka oleh PDI Perjuangan. Bukan berarti, ketika kita bertemu itu, isinya bagi-bagi kursi, bagi-bagi jabatan, kekuasaan” katanya di Jakarta, Kamis (2/8) malam

(suara.com)

Menurut Hasto, membangun dialog lebih esensial ketimbang membicarakan tentang bagi-bagi kursi, jabatan, dan kekuasaan. Dengan dialog, kata dia, masing-masing pihak bisa mencari titik temu atas berbagai perbedaan yang ada.

Selain Prabowo, tokoh nasional lain yang menghadiri Kongres V PDIP adalah Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, hingga Wakil Presiden Terpilih Ma’ruf Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *