Prabowo Subianto Akan Hadir di Kongres PDIP, Fadli Zon Ungkap Alasan Sesungguhnya

okezone.com

Kongres Ke-5 PDIP itu akan digelar pada 8-11 Agustus 2019 di Pantai Matahari Terbit, Bali. Kongres bertujuan memperkuat kaderisasi kepemimpinan dari tingkat anak ranting hingga pusat. Namun yang menarik, ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto turut diundang pula pada acara tersebut.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengungkapkan bahwa Prabowo Subianto menyanggupi hadir di Kongres V PDIP.

“Saya kira rencananya datang (ke Kongres PDIP) karena diundang langsung dan saya kira beliau menyanggupi,” ungkap Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/8/2019).

VOA Indonesia

Fadli mengatakan komunikasi antara Prabowo dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri terjalin baik.

Kendati demikian, Fadli enggan menyimpulkan kedekatan di antara dua pucuk pimpinan partai itu sebagai sinyal berkoalisi di pemerintahan.

“Komunikasi politik sudah berjalan langsung. Ketemu langsung Pak Prabowo dan Pak Jokowi, lalu dengan Bu Mega makan nasi goreng dan sebagainya. Saya kira silaturahmi politik bagus-bagus saja,” ucapnya.

detik.com

“Kita kan memilih jalan demokrasi, jadi bertarung di saat pemilu, setelah itu kita menjalin komunikasi lagi untuk kepentingan bersama,” pungkas Fadli.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Puan Maharani Nakshatra Kusyala membenarkan bahwa PDIP mengundang Prabowo Subianto untuk menghadiri Kongres Kelima di Bali pada 8-11 Agustus 2019.

“Kita undang beliau dan beliau menyampaikan kalau tidak ada hal-hal yang menyebabkan tidak bisa, beliau akan hadir,” kata Puan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, 5 Agustus 2019.

Ia mengaku PDIP belum mendapat konfirmasi selanjutnya saat menjelang pelaksanaan kongres itu.

“Ini kan undangannya waktu saat makan nasi goreng bareng-bareng,” kata Puan yang juga Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu.

Ia menyebutkan Kongres PDIP itu akan membahas percepatan dan peningkatan soliditas partai untuk ikut bersama-sama membangun bangsa dan negara bersama pemerintah.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga menyatakan Prabowo menyatakan kesediaannya hadir di Kongres PDIP ketika bertemu dengan Megawati. Kongres PDIP ke-5 itu diagendakan di Bali pada 8-11 Agustus 2019.

“Pak Prabowo–ketika pertemuan bersama Ibu Megawati Soekarnoputri–sudah menyatakan bahwa beliau akan hadir,” kata Hasto dalam konferensi pers di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (1/8).

Di sisi lain, sejumlah partai politik dan undangan juga telah disebar untuk menghadiri Kongres V PDIP.

“Kami akan undang jajaran pemerintahan, pimpinan lembaga tinggi, menteri kabinet kerja. Tapi karena kongres dilaksanakan pada saat hari kerja, maka (para menteri) tidak bisa hadir semua. Pimpinan parpol Koalisi Indonesia Kerja kami undang,” ujarnya.

Secara keseluruhan, undangan VVIP, VIP dan peserta kongres berjumlah 2.200 orang.

“Untuk penggembira kami identifikasi sampai hari ini ada 15 ibu orang. Nantinya mereka akan dipusatkan di Lapangan Matahari Terbit dilengkapi dengan berbagai atraksi kebudayaan dan orasi politik,” tutur dia.

Dari hasil pengecekan persiapan kongres Hasto menegaskan semuanya sudah dipersiapkan dengan baik. Tema Kongres V ‘Solid, Bergerak, Indonesia Raya’ dan sub tema ‘Mewujudkan PDIP Sebagai Partai Pelopor’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *