Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Anggota DPRD Kalsel Sebut Jangan Ragu

Zulfa Asma Vikra SH MH yang merupakan anggota DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) berpendapat bahwa pemerintah pusat ataupun pihak-pihak lain tidak perlu ragu jika Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia (RI)

Ia pun kemudian menjelaskan bahwa Gubernur Kalimatan Selatan telah berulang kali menyatakan kesiapan.

“Apalagi lagi Gubernur H Sahbirin Noor berulang kali menyatakan kesiapannya Kalsel menjadi Ibu Kota Negara RI,” tegas politikus muda Partai Demokrat tersebut, di Banjarmasin, Selasa.

Kalsel sebagai ibu kota negara dinilai tidak  disangsikan
Antaranews

Pernyataan Paman Birin (sapaan lain terhadap Sahbirin Noor) itu, menurut dia, cukup beralasan antara lain terkait persiapan lahan serta kondisi geografis Kalsel yang cukup strategis.

Selain itu, memiliki infrastruktur yang memadai, seperti bandara serta pelabuhan dan penunjang lain manakala Ibu Kota Negara jadi pindah ke Kalsel.

“Belum lagi tambah pembangunan lain dari pemerintah pusat dalam mempersiapkan menjadi Ibu Kota Negara,” lanjutnya menjawab Antara Kalsel.

Hasil gambar untuk kalimantan
Regional Kompas

“Dengan kesiapan berbagai sumber daya, saya berkeyakinan bila Kalsel menjadi Ibu Kota Negara RI tidak akan kalah dengan ibu kota negara lainnya, bahkan bisa melebihi,” demikian Zulfa.

Sebelumnya atau hampir pada semua kesempatan, Paman Birin menyatakan kesiapan Kalsel menjadi Ibu Kota Negara RI.

“Kan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sudah harga mati dan sudah selesai. Jadi tidak masalah ibu kota negara pindah ke Kalsel dan kita siap,” tegas Sahbirin Noor dengan nada optimistis.

Hasil gambar untuk kalimantan
KONTAN

Dalam kaitan rencana pemindahan Ibu Kota Negara RI tersebut, beberapa waktu lalu Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia menggelar seminar di Kalsel.

Disisi lain Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menggelar Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) di Kantor Kepresidenan. Pada pembukaan rapat tersebut, Jokowi kembali menegaskan Ibu Kota akan pindah ke Kalimantan.

Jokowi Tegaskan Lagi: Ibu Kota Pindah ke Kalimantan!
CNBC Indonesia

“Ini adalah rapat terbatas kedua berbicara mengenai pemindahan Ibu Kota negara. Setelah ke lapangan dan mendapatkan beberapa kajian meskipun belum selesai 100%,” kata Jokowi, Selasa (6/8/2019).

“Semakin mengerucut dan pilihan sudah jelas bahwa Ibu Kota negara akan dipindahkan ke Kalimantan,” papar Jokowi.

Namun sayangnya, Jokowi mengatakan secara resmi lokasi pastinya belum bisa disampaikan. Karena, sambung Kepala Negara harus didetailkan lagi.

Hasil gambar untuk kalimantan
Merdeka

“Banyak pilihan dan setelah ditindaklanjuti Bappenas, PU, baik itu di Kalteng, Kaltim, Kalsel, dan nanti setelah dipaparkan detail akan segera kita putuskan. Tapi sekali lagi kajian yang berkaitan dengan kebencanaan, banjir, gempa bumi, ketersediaan air akan didetailkan lagi,” tuturnya.

Simak videonya dibawah ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *