Sebelum Dijual untuk Kurban, Kambing di Cilacap Diajak Nyalon Dulu

Umat muslim di seluruh dunia sebentar lagi akan melaksanakan ibadah kurban. Kambing yang termasuk hewan kurban pun ramai diburu oleh para muslim yang ingin ikut berkurban. Uniknya para juragan kambing di Cilacap memanjakan kambong mereka ke salon khusus kambing sebelum di jual. Momen satu tahun sekali ini rupanya membawa berkah tersendiri bagi penyedia jasa salon kambing karena mereka ramai orderan.

Sejak pagi puluhan penjual kambing mengantre di sebuah sudut Pasar Hewan Desa/Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Berbekal lapak seadanya, beberapa orang membuka jasa perawatan kambing di pasar tersebut. Puluhan kambing siap jual dibawa pemiliknya untuk mendapatkan perawatan tubuh, layaknya di sebuah salon.

Ahmad Seiko Minarjo (60) merapikan tanduk kambing yang akan dijadikan hewan kurban di Pasar Hewan Desa/Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, baru baru ini.
kompas.com

Ahmad Seiko Minarjo (60), salah seorang yang membuka jasa salon kambing mengatakan, menjelang Idul Adha banyak sekali yang menggunakan jasanya. Bahkan, ia hingga kewalahan untuk menangani seluruhnya.

“Sampai siang ini baru bisa melayani sekitar 20 ekor kambing, padahal banyak yang mengantre. Pasaran sebelumnya dalam sehari paling bisa melayani 30 ekor kambing,” kata Minarjo, baru-baru ini.

Image result for salon kambing
tribunnews.com

Minarjo menjelaskan pelayanan yang diberikan mulai dari merapikan tanduk, kuku hingga bulu, tergantung permintaan pemilik kambing. Tanduk dibersihkan dan dirapikan agar terlihat lebih menarik, demikian juga dengan kuku dan bulunya. “Untuk tarif jasa perawatan tersebut Rp 30.000,” ujar Minarjo yang telah menggeluti usaha tersebut sejak belasan tahun silam.

Selain pelayanan tersebut, Minarjo juga membuka pelayanan spesial. Selain perawatan tanduk dan kuku, bulu kambing juga “dicreambath”. Terakhir, kambing akan dimandikan hingga bersih.

“Kalau untuk perawatan spesial saya mematok tarif sekitar Rp 100.000,” kata Minarjo.

Image result for salon kambing
liputan6.com

Minarjo dan kawan lain seprofesinya mengaku membuka jasa di pasar tersebut hanya pada hari Minggu dan Rabu. Selebihnya jasa salon kambing dilayani di rumahnya Desa Negarajati, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap.

Jasa salon kambing diminati untuk dongkrak harga

Sobirin, salah satu penjual kambing mengatakan, salon kambing banyak diminati untuk menarik minat calon pembeli. Kambing dengan penampilan bagus banyak dicari pembeli untuk kurban.

Image result for salon kambing
radarbanyumas.com

“Pembeli kan ingin kambing yang akan dijadikan hewan kurban penampilannya bersih dan rapi. Jadi salon kambing banyak diminati agar penampilan kambing lebih menarik, untuk meningkatkan daya jual,” kata Sobirin.

Image result for salon kambing
liputan6.com

Kadirun, penjual kambing lainnya mengungkapkan, perawatan dapat mendongkrak harga kambing.

Harga kambing yang telah disalon bisa naik antara Rp 10.000 hingga Rp 300.000, tergantung jenis dan penampilannya.

“Misalnya untuk kambing jantan yang standar harganya sekitar Rp 2 juta, kalau sudah dirapikan bisa laku Rp 2,1 juta hingga Rp 2,3 juta. Tapi itu tergantung pembeli dan penjualnya, kalau bisa meyakinkan bisa lebih maksimal lagi,” ujar Kadirun.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *