Pengamat Menduga Ada Dua Kemungkinan di Balik Kehadiran Prabowo di Kongres PDIP, Apa Saja?

Kehadiran Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada acara Kongres V PDI Perjuangan di Hotel Grand Inna Bali Beach, Kamis (8/8) kemarin, hingga kini masih diperbincangkan publik

Gerak-geriknya selama mengikuti acara partai politik kompetitornya selama Pemilu 2019 lalu itu selalu menjadi sorotan. Bahkan, interaksinya bersama Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan presiden terpilih Joko Widodo juga menarik ditelisik.

detik.com

Menurut analisa Direktur Eksekutif Pusat Studi Demokrasi dan Partai Politik Dedi Kurnia Syah Putra, kehadiran Prabowo Subianto di Kongres PDI Perjuangan bisa dilihat dari dua kemungkinan.

Pertama, potensi terbentuknya poros baru, PDI Perjuangan dan Gerindra di pemilu 2024.

“Juga sekaligus peringatan bagi mitra koalisi yang akhir-akhir ini bermanuver di belakang PDI Perjuang,” kata Dedi kepada AKURAT.CO, Sabtu (10/8/2019).

(liputan6.com)

Kedua, kemungkinan ada kesepakatan politik antara kedua partai.

“Dimana Gerindra mendapat posisi tawar yang cukup besar, jika tidak berada di kabinet, mungkin di MPR,” kata Dedi.

Selain itu, kira-kira apa saja aksi Prabowo selama menghadiri acara tersebut? Berikut rangkumannya:

1. Disambut Pengurus Gerindra Bali

kompas.com

Prabowo diketahui telah berada di Bali sejak Rabu (7/8/2019), sehari sebelum kongres dimulai. Dikutip dari tayangan KompasTV, Prabowo tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada pukul 19.17 WITA.

Kehadiran Prabowo disambut Ketua DPD Gerindra Bali beserta DPC Gerindra Bali. Prabowo tampak didampingi sejumlah elite Partai Gerindra, antara lain Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono dan Edhy Prabowo.

2. Kursi Spesial

kompas.com

Selama menghadiri acara pembukaan Kongres V PDI-P, Prabowo diberikan tempat duduk spesial. Begitu memasuki ruangan kongres, Prabowo langsung dipersilakan duduk di barisan depan.

Tidak lama kemudian, Megawati, Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Wakil Presiden Terpilih Ma’ruf Amin tiba di ruang kongres. Mereka menempati kursi satu deret dengan Prabowo.

Lalu di mana letak spesialnya? Kursi untuk Prabowo itu memang spesial karena ketua-ketua umum partai lainnya, semisal Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh duduk di deretan kursi yang berbeda.

3. Salam Hormat ke Megawati

kompas.com

Prabowo sontak bangkit dari tempat duduknya. Tangan kanan dengan jari rapat melayang ke sisi kanan keningnya. Ia memberikan salam hormat kepada Megawati yang sedang berpidato di atas panggung. Senyum juga menyeringai di wajahnya.

Prabowo berlaku demikian ketika pidato Megawati menyentuh persoalan semasa kampanye Pilpres 2019. Megawati bercerita mengenai keputusan tim sukses Prabowo-Sandiaga memindahkan posko pemenangan ke Jawa Tengah, lumbung suara PDI Perjuangan.

(suara.com)

Namun nyatanya Prabowo-Sandiaga tetap kalah suara di provinsi tersebut. Megawati mengklaim, hal itu disebabkan instruksinya kepada kader se-Jawa Tengah untuk bekerja secara optimal.

Ia pun melontarkan kelakar, “Makanya kalau nanti (pemilu), dekat-dekat dengan saya ya”. Salam hormat Prabowo itu kemudian dibalas tawa Megawati sembari sedikit membungkukkan badan. Momen itu disambut sorak sorai dan tepuk tangan dari seluruh kader PDI-P yang hadir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *