Masjid Al Azhar Belum Berencana Pakai Besek untuk Kurban, Kenapa?

cnnindonesia.com

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLKH) kerap mengimbau agar tidak membagikan hewan kurban dengan plastik sekali pakai. Terkait hal tersebut, pengurus Masjid Al-Azhar mengaku belum berencana untuk menggunakan besek

Staf TU sekaligus Humas Masjid Agung Al-Azhar, Nizar Adnan mengatakan pengurus masjid baru melakukan rapat setelah ada sosialisasi agar menggunakan besek untuk menggantikan plastik kresek.

kompas.com

“Memang belum ada (awareness). (Keputusan) penggunaan plastik kresek itu belum ada rapat soal penggunaan besek sebelum sosialisasi. Begitu sosialisasi keluar, baru kita rapatkan,” ujar Nizar kepada CNNIndonesia.com, Minggu (8/11).

Nizar menjelaskan pihaknya membutuhkan setidaknya dua sampai tiga ribu plastik atau besek untuk membungkus daging kurban. Ia juga menyebutkan mepetnya sosialisasi untuk menggunakan besek.

Masjid Al-azhar Akui Belum Berencana Pakai Besek untuk Kurban
cnnindonesia.com

“Minimal 2 bulan sebelumnya untuk sosialisasi. Kita juga menyesuaikan karena kita belum tahu total kambing dan sapi yang akan dipotong itu berapa banyak,” ujarnya.

Nizar mengatakan Masjid Agung Al-Azhar menerima hewan kurban sebanyak 12 sapi dan 146 kambing. Masjid mengerahkan 54 orang untuk menyembelih kurban saat Idul Adha 1440 Hijriah.

Image result for pembagian hewan kurban
tirto.id

Sebelumnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengimbau agar panitia Idul Adha di Jakarta tidak menggunakan plastik sekali pakai atau plastik kresek hitam saat membagikan kurban. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir pencemaran lingkungan dan bahan-bahan yang membahayakan kesehatan.

“Kami imbau agar panitia kurban menggunakan wadah yang ramah lingkungan, seperti daun pisang, daun talas, besek bambu, besek daun kelapa, besek daun pandan atau bahan ramah lingkungan lainnya yang mudah dijumpai di Jakarta,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih dalam keterangan tertulis, Selasa (23/7).

Image result for pembagian hewan kurban
tribunnews.com

Sementara itu, Masjid Istiqlal akan menggunakan 5.000 besek untuk membagikan daging kurban pada Idul Adha tahun ini. Penggunaan besek tersebut baru diterapkan pada tahun ini. Pada tahun-tahun sebelumnya, panitia kurban Masjid Istiqlal kerap menggunakan plastik.

https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 11 338 2090462 masjid-istiqlal-siapkan-5-000-besek-untuk-pembagian-daging-kurban-nm1uBs9nBK.jpg
okezone.com

Penggunaan besek tersebut sejalan dengan anjuran Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Anies menyarankan agar pembagian hewan kurban tidak lagi menggunakan plastik pada Idul Adha tahun ini.

“5.000 besek yang disiapkan,” kata Wakil Ketua Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah saat dikonfirmasi, Minggu (11/8/2019).

Istiqlal
okezone.com

Panitia qurban Masjid Istiqlal sendiri telah menerima 23 ekor sapi dan 20 kambing pada Idul Adha tahun ini. Hewan qurban tersebut akan dipotong dan dibagikan ke masyarakat yang kurang mampu.

Dari 23 ekor sapi tersebut, terdapat milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres‎ Jusuf Kalla. Jokowi menyumbang sapi kurban jenis limosin seberat 1,7 ton ke Masjid Istiqlal. Sedangkan, JK menyumbang sapi limosin dengan bobot sebesar 1,3 ton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *