Lewat Pintu Samping Istana Temui Jokowi, Anies: Saya Tamu di Sini, Diarahkan

metro.tempo.co

Setelah sebelumnya ketemu Surya Paloh, kali ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara. Anehnya, ia melalui pintu samping istana. Toko-tokoh ini yang pernah lalui pintu tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Hasil gambar untuk anies bertemu jokowi istana
kompas.com

Namun, dilansir dari Suara.com, Anies masuk untuk menemui Jokowi tidak melalui Gedung Bina Graha dan juga pintu di Istana Negara.

Anies masuk melalui pintu samping, atau Wisma Negara. Diketahui, tamu-tamu yang ingin bertemu dengan Jokowi kebanyakan masuk melalui pintu Istana Negara yang berada di dekat gedung Bina Graha.

Hasil gambar untuk anies bertemu jokowi istana
cnnindonesia.com

Hanya pejabat tertentu saja yang bisa masuk melaui pintu Wisma Negara apabila diundang oleh Jokowi ke Istana. Diantaranya, Panglima Kapolri Jenderal Tito Karnavian, TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, hingga Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Terkait hal itu, Anies mengatakan bahwa hanya mengikuti arahan pihak Istana Kepresidenan. Mengingat, dirinya hanyalah seorang tamu.

Hasil gambar untuk anies bertemu jokowi istana
okezone.com

Saat ditanya terkait pertemuan tersebut juga membahas terkait ajakan untuk kembali gabung ke kabinet Jokowi, Anies pun membantahnya. Anies menegaskan bahwa dirinya saat ini fokus untuk mengurusi Ibu Kota.

Hasil gambar untuk anies bertemu jokowi istana
tribunnews.com

“Enggak dong. Saya konsentrasi di Jakarta. Dengan Presiden ketemu rutin akibat banyak acara kita bersama-sama. Dan enggak semua pertemuan kan di-cover teman-teman media. Komunikasi jalan terus,” ujar Anies.

Untuk diketahui, sebelumnya Jokowi menerima Anies di Istana Negara, Kepala Negara lebih dulu melakukan pertemuan dengan Ketua Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo. Namun, Bambang datang dengan melalui pintu Istana Negara.

Hasil gambar untuk anies bertemu jokowi istana
tempo.co

Sementara itu, dilansir dari Detik.com, bertemu dengan Presiden Jokowi dengan melewati ‘pintu samping’ Kompleks Istana. Anies mengaku ia hanya mengikuti arahan protokoler Istana.

Pintu samping yang dimaksud yaitu ruas Wisma Negara. Umumnya, tamu-tamu yang bertemu Jokowi datang melalui Istana Negara melalui Jalan Veteran III.

Anies mengatakan bahwa dirinya membahas terkait transportasi listrik di Jakarta dan juga Formula E dengan Jokowi. Anies mengaku bahwa  pemerintah pusat siap membantu dalam pelaksanaan Formula E tersebut.

Anies menyebutkan tak ada pembahasan terkait wacana dirinya kembali masuk kabinet ketika bertemu dengan Jokowi. Sebelum menjadi gubernur, Anies memang sempat menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *