Komentari Hanung Soal Film Bumi Manusia, Begini Kata Sri Sultan Hamengkubuwono

Viva

Film Bumi Manusia yang disebut-sebut bakal menyihir banyak mata. Hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi sang sutradara yang juga diberikan kesempatan untuk menunjukkan hasil karyanya di depan orang nomor satu di Yogyakarta. Begini pernyataan darinya.

Hanung Bramantyo mendapat pujian dari Sri Sultan Hamengkubuwono usai menonton film Bumi Manusia yang ia sutradarai. Hanung menceritakan, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta itu mengatakan bahwa film Bumi Manusia sangat terasa digarap dengan cerdas dan serius.

tribunnews.com

Sri Sultan Hamengkubuwono juga merasa bangga terhadap film Bumi Manusia yang diangkat dari sebuah novel karya dari Pramoedya Ananta Toer.

“Beliau mengatakan lebih cermat dari film sebelumnya, film ini terlihat ditata secara serius dengan riset yang betul,” ucap Hanung Bramantyo di Empire XXI Yogyakarta, Selasa (13/8/2019).

Film Bumi Manusia
tribunnews.com

“Ternyata selama ini beliau memberikan apresiasi pada film saya meskipun tidak bersama saya menontonnya tapi beliau benar-benar bangga,” jelasnya.

Hanung mendapat kesempatan untuk bisa menunjak film Bumi Manusia yang ia garap di hadapan orang nomor satu di Yogyakarta itu. Bagi Hanung, Yogyakarta adalah kota yang wajib disambangi lantaran sebagain besar syuting Bumi Manusia dilakukan di Yogyakarta, tepatnya di Desa Gamplong, Kulon Progo.

Pemain film Bumi Manusia dan Hanung Bramantyo kembali melanjutkan rangkaian promo film di Yogyakarta. Setelah meresmikan Museum Bumi Manusia, para pemain mengunjungi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit, para pemain Bumi Manusia dan Hanung Bramantyo selaku sutradara, tiba di Keraton. Kedatangan mereka langsung disambut oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X, tidak membutuhkan waktu lama, suasana langsung mencair.

Sebagai sutradara, Hanung Bramantyo langsung mengundang Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk menghadiri Gala Premiere film Bumi Manusia yang dilangsungkan di Atrium Empire, Yogyakarta, Selasa, 12 Agustus 2019. Tanpa berpikir panjang, Sri Sultan Hamengkubuwono X langsung menerima tawaran dari Hanung.

“Baik, nanti mungkin saya bertiga atau berempat, bareng ibu (istri),” ujar Sri Sultan Hamengkubuwono X.

(netralnews.com)

Dari cerita Bumi Manusia, Sultan dan penonton lainnya jadi memahami arti penjajahan serta keadilan yang dapat ditafsirkan sendiri tanpa ada kepastian.

“Cerita itu memberikan nilai yang sangat dalam untuk kita pahami di dalam konteks untuk membangun persaudaraan, pertemanan, menghargai sesama, keadilan dan sebagainya yang sebenarnya universal menjadi sesuatu yang akhirnya tidak universal karena perbedaan,” ujarnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *