Soekarwo Mundur dari Jabatan Ketua DPD Demokrat Jatim, SBY Tegas Jawab Begini

detikNews

Soal pengunduran diri Soekarwo atau Pakde Karwo dari jabatan Ketua DPD Demokrat Jawa Timur akhirnya mulai temukan titik terang. Begini Fadjar Sampurno selaku Direktur Eksekutif DPP Partai Demokrat.

Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY secara resmi telah menyetujui pengunduran diri Soekarwo atau Pakde Karwo dari jabatan Ketua DPD Demokrat Jawa Timur, minggu lalu.

“Minggu lalu sudah pak SBY menyatakan setuju [pengunduran diri Soekarwo],” kata Fadjar kepada CNNIndonesia.com, Rabu (14/8).

Rekam Jejak Soekarwo, Gubernur Jawa Timur 2 Periode
suara.com

Dengan disetujuinya pengunduran diri Pakde Karwo, maka SBY memberhentikan mantan Gubernur Jawa Timur itu dari jabatan Ketua DPD Demokrat Jatim. Pemberhentian dilakukan secara terhormat. SBY, kata dia, turut mengucapkan terima kasih atas kontribusi besar dan kiprah Soekarwo terhadap Demokrat di Jawa Timur selama ini.

“Iya gitu. Dan diberhentikan dengan hormat dengan ucapan terima kasih atas kerjasamanya selama ini,” kata Fadjar

Fadjar menuturkan Soekarwo kemungkinan besar hanya mengundurkan diri dari jabatan Ketua DPD Jawa Timur. Dia berkata jabatan partai harus ditanggalkan Soekarwo usai dipercaya menjabat Komisaris Utama PT Semen Indonesia Tbk.

Image result for karir soekarwo
CNN Indonesia

“Mungkin mengundurkan diri dari jabatan dulu. Dan syaratnya [sebagai Komisaris] kan enggak menjabat di jabatan partai. Saya enggak tahu anggotanya mengundurkan diri atau belumnya. Itu dari jabatannya dulu bertahap mungkin,” kata Fadjar

Sebelumnya, Sekretaris DPD Demokrat Jatim, Renville Antonio membenarkan kabar pengunduran diri Soekarwo. Ia mengatakan surat pengunduran diri Soekarwo itu telah diajukan ketika mengisi jabatan Komisaris Utama PT Semen Indonesia Tbk, pada Maret 2019 silam.

Image result for karir soekarwo
detik.com

“Pakde Karwo sudah menyampaikan surat (pengunduran diri) sejak lama, dan kami menunggu proses dari DPP,” ujar Renville, saat dikonfirmasi seperti dilansir dari CNNIndonesia.com.

Image result for karir soekarwo
Media Indonesia

Sosok Soekarwo atau kerap disapa Pakde Karwo sangat melekat di hati masyarakat Jawa Timur. Sudah 10 tahun lamanya ia memimpin Jawa Timur. Pria kelahiran Madiun, 16 Juni, 68 tahun lalu ini merupakan seorang birokrat. Dari data yang dihimpun melalui laman situs resmi Pemprov Jawa Timur, Pakde Karwo tercatat menjadi Kepala Cabang Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur periode 1983-1994.

Selama 11 tahun bergelut sebagai Kepala Cabang Dinas Pendapatan, pria berkumis tebal ini naik jabatan menjadi kepala subdinas perencanaan masih di dinas yang sama dan kembali naik jabatan pada 1997 menjadi Kepala Dinas Pendapatan.

Image result for karir soekarwo
Suara.com

Prestasi demi prestasi yang ditorehkan oleh doktor ilmu hukum Iniversitas Diponegoro, Semarang ini membuat ia diangkat menjadi Sekretaris Daerah pada 2003 hingga 2009. Di periode selanjutnya, Pakde Karwo memberanikan diri mengikuti kontestasi Pemilihan Gubernur Jawa Timur pada 2008.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *