Pernah Sepanjang 181 Meter, Inilah Rekor Unik Pertunjukan Barongsai

Disetiap perayaan Barongsai, terkadang selalu ada saja cara-cara yang unik untuk menarik perhatian penonton, cara unik ini pun bermacam-macam ada yang dikategorikan terpanjang hingga terpendek.

GBS Indonesia (www.instagram.com/gbs_indonesia/)

Hari raya Imlek selalul menajdi hari yang dinanti-nanti oleh para masyarakat Tionghoa khususnya mereka yang berada di Indonesia.

Ada banyak hal yang selalu ditemukan di musim perayaan tahun baru imlek ini. Mulai dari warna merah, lampion, angpao bahkan pertunjukan barongsai.

Barongsai selalu menjadi ciri khas perayaan Imlek dari tahun ke tahun, karena pertunjukkan ini dipercaya jadi pengusir setan dan roh halus. Selain itu, selalu ada saja cara yang digunakan demi menggaet penonton. Saking uniknya, ada juga yang tercatat dalam rekor MURI. Penasaran? Berikut ini beberapa rekor yang sudah masuk.

 

Naga Terpanjang Singkawang Pecahkan Rekor MURI

PLS Dragon (https://www.instagram.com/parislionsport/)

Perayaan Cap Go Meh identik dengan Singkawang. Sudah menjadi tradisi turun temurun dalam menyemarakkan hari ke 15 pada penanggalan Tahun Baru China. Perayaan di kota ini memukau banyak pihak, tidak hanya warga kota Singkawang dan sekitarnya saja, namun juga turis dari manca negara.

Namun pada perayaan kali ini terasa sangat istimewa. Naga terpanjang di Indonesia yang panjangnya 181 meter ini turut memeriahkan perayaan Imlek di Singkawang.

Perayaan Barongsai Terlama di Klenteng Sam Poo Kong 

PLS Dragon (https://www.instagram.com/parislionsport/)

Semarang merupakan sebuah kota yang identik dengan wisata budayanya. Salah satu destinasi wisata yang terkenal adalah Sam Poo Kong.

Pada tahun 2017 saat perayaan Imlek, Sam Poo Kong menggelar  pertunjukan Barongsai terlama selama 24 Jam, pertunjukan ini dinilai sangat menghibur para masyarakat dan wisatawan.

Karena pertunjukan yang memukau tersebut, Rekor MURI akhirnya mencatat perayaan barongsai Sam Poo Kong sebagai pertunjukan terlama.

Konvoi Kepala Barongsai Dengan Jumlah Terbanyak

PLS Dragon (https://www.instagram.com/parislionsport/)

Kemeriahan pertunjukan barongsai tidak hanya dimiliki oleh Singkawang dan Semarang saja, namun perusaahaan swasta milik Jawa Pos ini menggelar konvoi kepada barongsai dengan peserta terbanyak 108 kepala barongsai.

Konvoi tersebut dilaksanakan dari Kya-Kya Kembang Jepun Surabaya dan berkahir di Sanggar Agung Kenjeran Surabaya. Menarik sekali ya.

Atraksi Barongsai Berjalan di Atas Bara Api

PLS Dragon (https://www.instagram.com/parislionsport/)

Bagaimana bila Barongsai dan Liong dipadukan dengan bara api? Di tahun 2008, Tangerang menjadi saksi atas pagelaran pertunjukan astraksi Liong dan Barongsai yang berjalan di atas bara api sepanjang 7 meter, lebar 1,5 meter dan tebal 40 cm.

Perayaan ini juga sebagai peringatan memperingati perayaan Imlek (Cap It Gwe Celak 2559).

Permainan Barongsai di Atas Tonggak Besi Tertinggi

PLS Dragon (https://www.instagram.com/parislionsport/)

Spesial hiburan perayaan Imlek di Museum Angkut sukses memukau para wisatawan. Mereka terpukau dengan hadirnya atraksi barongsai dan leang-leong yang berlangsung selama satu jam.

Namun ada yang menarik nih, dari pertunjukan barongsai ini, ukuran tonggak yang menjadikan pijakan kaki sang barongsai itu mencapai 2,75 meter dan terpencek 60 centimeter.

Atraksi ini dinilai sebagai atraksi yang di tunggu-tunggu masyarakat karena keunikannya. Hal ini juga menjadikan Rekor MURI mencatat pertunjukan tersebut sebagai pertunjukan Barongsai dengan tonggak besi tertinggi.

 

Itulah, kelima pertunjukan barongsai yang memukau para wisatawan. Ternyata bukan cuman sekedar pertunjukan saja lho, tapi di dalamnya kamu bisa belajar bagaimana sejarah barongsai itu tercipta. Dan lebih uniknya para pertunjukan ini juga mendapat pernghargaan dari Rekor MURI. Wah, semakin bangga dong ya.

Kalau kamu sudah pernah menyaksikan pertunjukan barongsai di mana nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *