Tak Perlu Tunggu Oktober, Jokowi Siap Umumkan Menterinya dalam Waktu Dekat?

Presiden Joko Widodo menyatakan telah menyusun daftar menteri yang akan membantunya di periode kedua pemerintahan.  Meski dirinya baru akan dilantik pada bulan Oktober, namun untuk pengumuman menteri Jokowi mengaku bisa diumumkan kapan saja. Ia juga menjelaskan bahwa di periode keduanya, jumlah menteri tak berubah, tetap 34.

Presiden Joko Widodo menyatakan susunan kabinet periode 2019-2024 dapat diumumkan sebelum waktu pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Oktober mendatang.

Image result for jokowi
faktanews.com

“Kabinet bisa diumumkan kapan saja, enggak perlu nunggu Oktober,” ujar Jokowi dalam pertemuan Dewan Pemimpin Redaksi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8).

Jokowi mengatakan, susunan kabinet untuk periode kedua ini telah final. “Nama kabinet sudah final,” katanya.

Jokowi Perhatikan Suku, Agama, Parpol dalam Memilih Menteri
cnnindonesia.com

Jokowi memastikan jumlah kementerian dalam kabinet periode kedua nanti tetap sama dengan periode pertama yakni 34 orang. Hanya saja Jokowi menyebut bakal ada kementerian baru yang merupakan penggabungan dari kementerian sebelumnya.

“Jumlah masih sama, cuma ada beberapa kementerian yang dilebur dan ditambah,” ujar Jokowi.

Salah satu kementerian itu, kata Jokowi, adalah kementerian investasi. “Kementerian investasi akan konsentrasi di digital dan kreatif,” katanya.

Selain itu, di periode mendatang Kementerian Luar Negeri juga akan turut terlibat dalam diplomasi di bidang ekonomi.

Jokowi soal Menteri: Ada yang Usianya 25 Tahun
cnnindonesia.com

Jokowi sebelumnya telah memastikan jumlah kementerian dalam kabinet periode kedua akan sama dengan periode pertama yakni 34 orang. Dengan demikian, tidak ada pengurangan atau penamabhan nomenklatur kementerian.

“Jumlahnya menteri 34,” ucap Jokowi pada awal Agustus lalu.

Image result for jokowi
straitstimes.com

Susunan menteri ini akan lebih banyak diisi kalangan profesional ketimbang parpol dengan porsi 55:45. Nama-nama menteri dari kalangan parpol disebut Jokowi telah disampaikan pada sembilan parpol pengusungnya di Pilpres 2019 lalu.

Bahkan, kata Jokowi, ada menteri muda ini berusia di bawah 30 tahun.

“Menteri ada yang usianya 25, di bawah 30, dan di bawah 35 tahun,” ujar Jokowi dalam pertemuan dengan Forum Pimpinan Redaksi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (14/8).

Image result for jokowi
bbc.com

Jokowi mengatakan tak hanya mempertimbangkan anak-anak muda dari kalangan profesional tapi juga partai politik.

“Saya minta dari partai juga ada yang muda, ada dari profesional juga,” ucap Jokowi.

Usulan ini sempat mendapat kritik dari Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri. Menurutnya, tantangan para menteri adalah masalah bangsa dan negara. Anak muda yang berhasil di perusahaan, tak menjamin akan sukses ketika mengelola pemerintahan.

Selain menteri dari kalangan generasi muda, Jokowi juga memastikan bakal memberikan porsi menteri perempuan seperti jumlah menteri perempuan yang ada saat ini.

“Menteri perempuan jumlahnya bisa sama dengan sekarang,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *