Dukung Susi Pujdiastuti, Gus Mus: Sampaikan ke Jokowi, Kalau Diganti Laut Rusak Lagi

NU Online

Komentari soal masa jabatan Susi Pujdiastudi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, KH Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus ini mengakui mendukung dan kagum terhadap kiprahnya sebagai perempuan Indonesia. Lalu ia menitipkan pesan begini ke Jokowi.

Dilansir dari Kompas.com, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ikut menghadiri peringatan 75 tahun KH Mustofa Bisri atau Gus Mus di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (14/8/2019) malam. Secara khusus, Susi turut membacakan satu puisi dalam forum persembahan sahabat dan santri untuk kiaiku tersebut.

poskotanews.com

Sebelum Susi membaca puisi, Gus Mus mengundang menteri nyentrik itu naik ke atas panggung untuk bersama-sama memotong tumpeng. Susi yang malam itu mengenakan baju merah itu pun dipanggil. Di saat Susi berjalan ke panggung, Gus memuji perempuan asal Jawa Barat tersebut.

detik.com

“Kalau Bu Susi diganti mungkin laut rusak lagi. Tolong sampaikan ke Pak Jokowi, orang yang dekat Pak Jokowi, Gus Mus mendukung bu Susi,” tambahnya dari atas panggung.

Kebanggaan Gus Mus kepada Susi cukup beralasan. Susi patut diidolakan atas aksi-aksi nyentriknya dan juga kebijakan tegas di bidang kelautan.

“Saya kagumi Bu Susi bukan sebagai menteri, saya kagumi sebagai perempuan Indonesia, yang bangga Indonesia, mencintai rakyat Indonesia,” tambahnya.

KH Mustofa Bisri
(net)

Jika pun nantinya tidak dipilih lagi menjadi menteri, Gus Mus akan memberinya pekerjaan.

“Kalaupun tidak jadi menteri, saya kasih gawean (kerjaan),” candanya.

Susi sendiri dalam kesempayan itu turut membacakan puisi karangan Gus Mus di depan ribuan warga yang hadir.

“Saya dapat kiriman 1 lembar ditulis Gus Mus, dan saya diminta bacakan,” ucap Susi.

Terkait dengan jabatan Menteri Susi, sebelumnya diketahui bahwa ia pernah menyampaikan pesan pada tahun terakhirnya sebagai Menteri. Ia mengingatkan jabatannya berakhir pada Oktober mendatang. Pada tahun pamungkas ini, ia memberikan pesan sederhana kepada masyarakat.

“Saya menitipkan ke Anda semua, tetap jaga laut untuk masa depan bangsa kita. Masa depan itu untuk anak cucu, cicit, anak-anak kita. Anda semua bisa,” ucap Susi pada acara Deep and Extreme Indonesia, Sabtu (6/4/2019) di JCC, Jakarta.

Sejumlah prestasi yang Susi sebut selama ia menjabat adalah biomassa laut Indonesia naik 300 persen dibandingkan tahun 2014. Stok ikan yang tadinya di 2014 hanya 7 juta ton, tahun 2016 naik menjadi 12,5 juta ton, dan Susi mendapat kabar bulan depan sudah di atas 13 juta ton.

“Neraca perdagangan perikanan Indonesia juga sejak tahun 2015 untuk pertama kali sejak Indonesia berdiri jadi nomor satu di Asia Tenggara,” ucap Susi Pudjiastuti. “Juga konsumsi ikan yang 36 kilogram per tahun pada 2014 menjadi 50 kilogram per tahun,” lanjutnya.

Dalam acara ini Susi turut berbicara pada komunitas pecinta laut, baik untuk olahraga atau rekreasi. Ia meminta agar para komunitas bisa merawat dan memantau kualitas ekosistem laut selain menikmatinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *