Jokowi Blak-blakan Sebut Satu Kepala Daerah Ini Bakal jadi Menteri, Siapa?

tabloidbintang.com

Presiden Jokowi mengaku sudah rampung menyusun kabinet baru yang akan dipimpinnya bersama Maruf Amin. Ia juga secara blak-blakan menyebutkan bahwa ada satu kepala daerah yang bakal jadi menteri di kabinet pemerintah untuk periode selanjutnya. Siapa?

Jokowi mengaku tinggal mengumumkan susunan kabinetnya di waktu yang tepat.

“Sudah final semua,” kata Jokowi saat bertemu pimpinan redaksi media massa di Istana Merdeka, Rabu (15/8/2019), dikutip dari Kompas.com.

“Tinggal kami umumkan. Bisa Agustus, bisa juga saat pelantikan (20 Oktober 2019). Semua sudah final,” sambungnya.

Jokowi Ungkap Satu Kepala Daerah Bakal Jadi Menteri, Siapakah Dia?
Tribunnews

Menurut Jokowi, kabinetnya bakal mempertahankan sejumlah menteri lama, menarik satu kepala daerah, dan terdapat menteri berusia muda.

Berikut ini gambaran kabinet berdasarkan bocoran dari Jokowi yang dirangkum, seperti yang dilansir dari Tribunnews.com:

Ada Kepala Daerah Bakal jadi Menteri

pinterpolitik.com

Jokowi menyebut bakal ada satu kepala daerah jadi menteri dalam kabinet Jokowi-Maruf Amin. Hal itu disampaikan Jokowi saat bertemu pimpinan redaksi media massa di Istana Merdeka.

Jokowi yang sempat ragu lantaran tidak persis ingat, menjadi mantap menjawab akan ada kepala daerah yang akan menjadi menteri. Hal itu terjadi saat Menteri Sekretaris Negara Pratikno memastikan lewat anggukan.

“Iya Pak, ada satu,” ujar Pratikno, seperti yang dilansir dari tribunnews.com.

Sejumlah Menteri Dipertahankan Atau Bertukar Posisi

(liputan6.com)

Jokowi menyebut ada beberapa menteri yang bertahan di kabinet, entah di posisinya saat ini atau menempati posisi yang lebih strategis dengan kewenangan lebih luas.

Menurut Jokowi, menteri yang bertahan adalah menteri yang jelas implementasi kebijakannya.

“Tidak hanya merombak, membongkar, tetapi juga melakukan perbaikan atas perombakan dan pembongkaran itu,” jelas Jokowi.

Jokowi akan mempertahankan menteri yang bisa mengkesekusi masalah dengan baik, meskipun kerap tidak disukai oleh publik. Sebaliknya, dia tidak akan segan mengganti menteri yang disukai publik tetapi sebenarnya menimbulkan masalah.

Terpisah, Analis Politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago, memprediksi sejumlah nama yang mungkin masih akan menemani Jokowi lima tahun lagi.

cnnindonesia.com

Pertama, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Lakonnya sebagai penjaga perairan Indonesia tak diragukan lagi. Ia berada di garis terdepan jika ada kapal asing ilegal yang mencoba mengeruk sumber daya laut manusia.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambanag Brodjonegoro, juga diprediksi tetap berada di kabinet.

“Kan kalau digonta-ganti nanti berubah lagi program yang sedang berjalan saat ini.”

“Mereka yang tahu masterplan, pemindahan ibu kota, jadi tidak bisa diganti,” ulas Pangi kepada Kompas.com, Jumat (12/7/2019).

(Twitter)

Nama lain yang diperkirakan masih aman di posisinya adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Sebab, ada kebijakan yang sudah berjalan dan dirasa sulit untuk digantikan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *