Gara-gara Tak Dapat Kursi Menteri, Demokrat Bakal Tempuh Arah Politik Ini

idntimes.com

Tak dapat kursi menteri, bagaimana dengan arah politik Demokrat? Tak tinggal diam, Nurhayati Ali Assegaf selaku Wakil Ketua Umum Partai Demokrat menegaskan hal ini.

Ia mengatakan bahwa partainya akan tetap mendukung pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin. Meskipun Demokrat tidak mendapatkan jatah kursi di kabinet Jokowi periode 2019-2024.

“Untuk Demokrat saya kira bukan masalah menteri atau tidak menteri. Tapi ketika kita sudah menyatakan kita bersama pemerintah apapun keputusan pemerintah akan kita hargai khususnya presiden Jokowi selaku presiden terpilih ya hak prerogatif presiden,” kata Nurhayati di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8).

Sampai saat ini belum ada keputusan resmi apakah Demokrat mendukung Jokowi-Ma’ruf atau tidak. Keputusan itu akan dilakukan usai rapat majelis tinggi Demokrat yang dipimpin SBY.

Nurhayati mengatakan, selama ini Demokrat tidak pernah menyodorkan kadernya untuk jadi menteri. Sehingga, lanjut dia, tak masalah jika Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono itu tak dapat jatah menteri.

“Jadi kita bukan masalah kita dapat atau tidak dapat kursi, selama ini Demokrat tidak pernah menyodor-nyodorkan menteri juga,” sambungnya.

Nurhayati juga menyoroti langkah Jokowi yang siap untuk mengumumkan calon menterinya bahkan sebelum dilantik sebagai presiden. Kata dia, Jokowi memiliki gaya kepemimpinan sendiri.

“Jadi misalnya Pak Jokowi sekarang mengatakan begitu. Tetapi saya yakin bahwa partai koalisi dan lain sebagainya itu pasti juga sering bertemu bekiau kan jadi saya kira ini bukan gaya yang ini. Tapi ini gaya yang masing-masing presiden punya gaya tersendiri dan itu kita hargai,” ucapnya.

Diketahui, teka teki siapa calon menteri untuk kabinet presiden Joko Widodo jilid II akan segera terungkap. Mantan Gubernur DKI Jakartaitu berjanji segera mengumumkan nama-nama calon menteri yang ia pilih untuk membantunya di pemerintahan 2019-2024.

Pernyataan soal calon menteri itu, diucapkan Jokowi saat makan siang bersama pimpinan redaksi media massa di Istana Negara, Rabu (14/8). Dalam pertemuan itu Jokowi menegaskan nama-nama yang ia pilih jadi menteri juga sudah diberitahukan ke partai koalisi pendukungnya.

“Partai sudah diberitahu nama-nama anggota kabinet,” kata Jokowi.

Selain itu untuk arah politik Demokrat sendiri sebelumnya juga sudah pernah dibahas oleh Kadiv Advokasi dan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean. Ia mengatakan partainya telah mengukuhkan diri mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menyatakan PD siap memperkuat pemerintahan Jokowi di periode kedua.

“Kalau ditanya kemana arah politik Partai Demokrat ya, arahnya adalah untuk memperkuat pemerintahan Pak Jokowi ke depan,” kata Ferdinand kepada wartawan, Senin (12/8/2019).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *