Teka-teki Menteri Muda Jokowi, PPP Sebut Mungkin Pengusaha Start Up, Siapa?

detik.com

Misteri calon menteri untuk kabinet Jokowi jilid II akan segera terungkap. Beredar luas jika Jokowi akan menggaet menteri muda dalam kabinetnya. Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mempresiksi salah satu menteri mudah Jokowi adalah pengusaha start up.

Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani angkat bicara mengenai akan adanya menteri muda yang disampaikan Presiden Jokowi. Ia menyebut Jokowi memang ingin menciptakan regenerasi kepemimpinan nasional.

“Jadi, sepanjang sosok muda yang matang, berintegritas dan kapabel, malah harus kita sambut baik,” katanya saat dihubungi, Kamis (15/8/2019), seperti yang dilansir dari Liputan6.com.

(liputan6.com)

Lebih lanjut, terkait siapa saja politikus muda yang akan dipilih Jokowi sebagai menteri, Arsul mengaku belum mengetahui namanya, namun kemungkinan dari kalangan pengusaha start up.

“Wah nggak tahu siapa orangnya, tapi yang jelas pasti anak muda berprestasi, bisa dari kalangan star up,” kata dia.

Selain itu, soal komposisi menteri yang disampaikan Presiden Jokowi, ia berharap tidak akan mengurangi jatah kursi menteri untuk PPP. Kemudian, Arsul menyebut jatah kursi menteri untuk PPP akan lebih banyak pada periode mendatang.

“Insyaallah tidak (kursi PPP berkurang), yang jelas lebih (banyak) dari yang sekarang,” tutur Arsul, dikutip dari Liputan6.com, Kamis (15/8/2019).

Sementara itu, berbicara tentang partai koalisi Jokowi, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf menegaskan, partainya akan tetap mendukung pemerintahan, meski partai berlambang Mercy itu tidak mendapatkan jatah kursi menteri.

“Untuk Demokrat saya kira bukan masalah menteri atau tidak menteri, tapi ketika kita sudah menyatakan kita bersama pemerintah apapun keputusan pemerintah akan kita hargai, khususnya Presiden Jokowi selaku presiden terpilih ya hak prerogatif presiden,” kata Nurhayati di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8/2019), dilansir dari Liputan6.com.

Tak hanay itu, Nurhayati juga menyoroti langkah Jokowi yang siap mengumumkan calon menterinya bahkan sebelum dilantik sebagai presiden. Kata dia, Jokowi memiliki gaya kepemimpinan sendiri.

“Jadi misalnya Pak Jokowi sekarang mengatakan begitu. Tetapi saya yakin bahwa partai koalisi dan lain sebagainya itu pasti juga sering bertemu beliau kan, jadi saya kira ini bukan gaya yang ini,” ucap politikus senior Demokrat itu.

“Tapi ini gaya yang masing-masing presiden punya gaya tersendiri dan itu kita hargai,” tambahnya.

(liputan6.com)

Diketahui, teka teki siapa calon menteri untuk kabinet Jokowi jilid II akan segera terungkap. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berjanji segera mengumumkan nama-nama calon menteri yang ia pilih untuk membantunya di pemerintahan periode 2019-2024.

Pernyataan soal calon menteri itu, diucapkan Jokowi saat makan siang bersama pimpinan redaksi media massa di Istana Negara, Rabu (14/8/2019). Dalam pertemuan itu Jokowi menegaskan nama-nama yang ia pilih jadi menteri juga sudah diberitahukan ke partai koalisi pendukungnya.

“Partai sudah diberitahu nama-nama anggota kabinet,” kata Jokowi, dilansir dari Liputan6.com.

Tak hanya itu, Jokowi juga menyatakan bahwa Kabinet Kerja ke dua akan diisi menteri dari partai politik memiliki porsi yang sedikit lebih kecil ketimbang kalangan profesional.

Perbandingan menteri dari kalangan profesional dengan unsur partai politik adalah 55 persen berbanding 45 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *