Jokowi Jadi Pindahkan Ibu Kota Negara ke Kalimantan, Samarinda Dinilai Strategis

Kompas

Pemerintah tampaknya semakin serius menjalankan skenario pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke luar Pulau Jawa. Dua nama akhirnya mengerucut, yakni Kalimatan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Tengah (Kalteng).Terkait hal tersebut, gubernur Kaltim meminta Wawali Samarinda untuk melakukan persiapan karena menjadi kota strategis.

Rencana pemindahan ibu kota negara (pusat pemerintahan) menjadi salah satu yang disampaikan Gubernur Kaltim, Isran Noor saat memberikan sambutan dalam pengambilan sumpah jabatan dan janji Wakil Walikota (Wawali) Samarinda.

Image result for samarinda
getborneo.com

Sebagai kota yang diapit dua kabupaten calon rencana pemindahan ibu kota negara, Isran menyatakan, Samarinda menjadi kota strategis. Sehingga, Samarinda harus melakukan persiapan-persiapan dalam menghadapi kemungkinan tersebut. Dan ini juga menjadi salah satu tanggungjawab Wawali Samarinda.

Samarinda Kota Strategis, Isran : Diapit Dua Kabupaten Rencana Calon Ibukota Negara
tribunnews.com

“Samarinda ini daerah strategis. Sebab, diapit oleh dua kabupaten yang rencananya akan dijadikan perpindahan ibukota negara,” ujar Isran disambut tepuk tangan para tamu undangan.

“Ya kita tunggu saja keputusan Presiden, besok saat pidato kepresidenan dalam peringatan HUT ke 74 Republik Indonesia,” lanjutnya.

Image result for samarinda
sindonews.com

Bukan berlebihan keprcayaan diri, Isran menegaskan, Kaltim merupakan daerah yang lengkap untuk dijadikan lokasi pemindahan ibukota negara.

Di Kaltim lanjutnya, sudah memenuhi syarat dalam segala hal. Mulai dari infrastruktur, sosial dan lingkungan juga sudah terpenuhi.

“Tidak ada syarat yang tidak dipenuhi oleh Kaltim, untuk menjadi lokasi perpindahan ibu kota negara. Tapi, ini semuakan merupakan keputusan politik Pak Presiden Jokowi. Jadi kita tunggu saja besok. Namun yang jelas, kita bersama persiapkan segala yang diperlukan. Secara tugas, Wawali memiliki tugas yang sama dengan walikota, gubernur dan wakil gubernur. Hanya saja, berbeda klasternya saja,” tuturnya.

Setelah tidak memiliki Wakil Walikota (Wawali), akhirnya Samarinda memiliki orang nomor dua di kota berjuluk Kota Tepian ini.

Pada Kamis (15/8/2019), di Pendopo Odah Etam, Komplek Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada, Samarinda, secara resmi Gubernur Kaltim Isran Noor melantik M Barkati sebagai Wakil Walikota Samarinda, untuk sisa masa jabatan 2016-2021.

Image result for Wawali samarinda baru
tribunnews.com

Presiden Joko Widodo akan mengumumkan kota yang akan dipilih menjadi ibu kota Indonesia yang baru menggantikan Jakarta pada 16 Agustus 2019 mendatang.

“Iya, mudah-mudahan (akan diumumkan ibu kota baru pada 16 Agustus 2019),” ujar Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko di Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Saat ditanyai apakah Jokowi akan mengumumkan hal tersebut saat pidato kenegaraan di Gedung DPR/MPR RI, Moeldoko belum bisa memastikannya.

Namun menurut Moeldoko, Presiden Jokowi telah memerintahkan menteri-menteri terkait untuk melakukan pembahasan lebih rinci lagi terkait pemilihan ibu kota baru tersebut.

Presiden Joko Widodo saat kenakan Kalung Lilis Lamiang dan Tanggui Purun di titik calon lokasi Ibu Kota baru
kompas.com

“Belum tahu pasti, karena kemarin perintahnya kepada para menteri untuk dilakukan analisa yang lebih dalam lagi,” kata Mantan Panglima TNI itu. Dikonfirmasi secara terpisah, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro pun tak membantah dan tak membenarkan soal pengumuman lokasi ibu kota baru akan dilakukan pada 16 Agustus besok.

“Nanti yang akan mengumumkan Presiden (Jokowi),” kata Bambang.

Di tahap awal ibukota baru akan menampun 1,5 juta penduduk. Perhitungan tersebut sudah termasuk perkiraan jumlah PNS pusat, pegawai legislatif, yudikatif, legislatif yang diperkirakan sebanyak 200.000 jiwa.

Sementara untuk aparat Polri dan TNI sekitar 25.000 jiwa. Setidaknya, untuk membangun ibukota baru yang rencananya akan seluas 40.000 hektar, pemerintah memerlukan dana hingga 33 miliar dollar AS atau Rp 446 triliun.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *